Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Pramuka, ABTI Sosialisasi Cabor Bola Tangan

Kamis, 4 Agustus 2022 11:51 WIB
Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar dan pengurus usai audensi dengan Sekretaris Jenderal Kwarnas, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo. (Foto : ist)
Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar dan pengurus usai audensi dengan Sekretaris Jenderal Kwarnas, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI)  Zulfydar Zaidar Mochtar terus koordinasi dengan stake holder olaharaga meningkatkan prestasi bola tangan menuju pentas dunia.

Setelah bertemu Ketum KONI, dan KOI, kali ini Zulfydar Audensi dengan Sekretaris Jenderal Kwarnas, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo.

"Terobosan sosialisasi lewat Pramuka sangat penting dalam mengenalkan olahraga bola tangan di tengah masyarakat. Hal itu yang membuat jajaran pengurus menghadap langsung Pak Sekjen Kwarnas yang juga tidak asing membina olahraga," tegas Zulfydar Zaidar di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Zulfidar siap menjalankan arahan yang diberikan Sekjen Kwarna dalam hal pembinaan dan latihan atlet yang tersebar di semua daerah.

Baca juga : Okto Yakin Zulfydar Dongkrak Prestasi Bola Tangan Di Dunia

"Pada intinya atlet lahir setelah di terus tempa di daerah dan dilanjutkan ke Pusat untuk mendapatkan pembinaan dan penempaan di Pelatnas menuju event internasional seperti yang dicanangkannya meraih prestasi dunia," kata Zulfydar.

Pada kesempatan itu, Bachtiar Utomo mengingatkan, pembinaan atlet tidak semudah membalikkan telapak tangan dalam melahirkan prestasi Nasional, menuju ASEAN, Asia hingga puncak dunia.

Menurutnya, kerjasama pengurus harus ditingkatkan dan usahakan tidak ada kubu-kubuan dalam menjalankan organisasi olahraga. Apalagi bola tangan yang merupakan cabang beregu.

"Untuk menjadikan prestasi terbaik dalam sebuah tim diperlukan kerjasama yang solid antar pemain, apalagi dalam menjalankan organisasi yang nantinya diharapkan menghasilkan pemain yang handal,"tegas Bactiar.

Baca juga : Dana Pemilu Pasti Cair, Mahfud Jaminannya

Bahtiar juga menyarankan, dalam penempaan prestasi atlet diperlukan training camp dan try out keberbagai negara yang memiliki pemain handal berprestasi internasional. Strategi itu harus dijalankan untuk mengejar ketinggalan dari negara lain, apalagi olahraga bola tangan belum populer di Indonesia.

"Upaya mempopulerkan olahraga bola tangan tentunya harus ditangani dengan serius. Melalui prestasi maksimal yang diraih tim nasional Indonesia dikancah multi event nasional minimal SEA Games, maka nama olahraga bola tangan akan melambung dengan sendirinya. Namun jangan lupa harus dilakukan pembibitan dan pembinaan atlet yang berkesinambungan untuk menggapai prestasi internasional," jelas Bachtiar yang berpengalaman membina atlet judo hingga menggapai juara umum di SEA Games Malaysia maupun Filipina saat menjadi Sekjen PJSI.

Menurut Bachtiar, membina atlet yang handal juga tidak terlepas dalam melahirkan pelatih-pelatih nasional, hingga bersertifikat internasional.

"Menggelar coaching clinic pada pelatih dan atlet sangat berperanan dalam melahirkan atlet berprestasi internasional. Hal ini tentunya harus kerjasama dengan pakar olahraga, dokter olahraga dan Kantor Menpora,"paparnya.

Baca juga : Gandeng Pasar Komunitas, CIMB Niaga Gelar Kejar Mimpi Community Festival

Kersama yang solid antar PB ABTI, Pakar Olahraga dan Kemenpora sangat penting dalam percepatan melahirkan atlet berkaliber internasional, apalagi di tahun mendatang Indonesia akan menggelar kejuaraan dunia bola tangan pantai di Bali.

Menurutnya, menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023 sudah jelas prestasi atlet bola tangan Indonesia mampu mengimbangi keperkasaan pemain dunia.

"Disinilah peran body, fisik dan kecepatan permainan harus dimiliki pemain nasional, bila hendak meraih prestasi maksimal di Bali nantinya. Dengan waktu yang cukup, sudah seharusnya peningkatan fisik pemain sudah terlatih tampil diajang multi event pantai tersebut," harap Bachtiar dengan serius.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.