Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dana Pemilu Pasti Cair, Mahfud Jaminannya

Rabu, 3 Agustus 2022 07:31 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Kemenko Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - KPU tidak perlu lagi khawatir mengenai pencairan dana Pemilu 2024. Menko Polhukam Mahfud MD menjamin, dana tersebut pasti akan cair. Yang perlu dilakukan KPU saat ini, mempersiapkan pesta demokrasi lima tahunan itu, dengan sebaik-baiknya.

Selama ini, memang ada kekhawatiran mengenai dana dana Pemilu. Kekhawatiran itu muncul karena Pemerintah belum juga mencairkan seluruh kebutuhan dana yang diperlukan KPU untuk melaksanakan tahapan Pemilu 2024.

Contohnya untuk tahun ini, KPU baru menerima Rp 2,4 triliun dari total yang dibutuhkan Rp 8,6 triliun. KPU ketar-ketir karena tahapan Pemilu sudah dimulai. Sejak Senin kemarin, pembukaan pendaftaran parpol peserta pemilu sudah dibuka. Kalau dana belum turun semua, KPU bisa kesulitan dalam melakukan verifikasi faktual terhadap parpol-parpol yang mendaftar itu.

Baca juga : 3 Ahli Nilai Mardani Maming Tak Melanggar Hukum

Melihat kekhawatiran KPU ini, Mahfud angkat bicara. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini memastikan, dana Pemilu akan cair sesuai kebutuhan. Mahfud juga membantah kabar pencairan dana Pemilu tersendat.

"Hari-hari ini ada berita, Pemilu agak tersendat karena dana dari Pemerintah terlambat cair. Itu tidak juga. Karena sudah dibicarakan dengan KPU, dan semua stakeholders. Dana yang diperlukan, disediakan sepenuhnya oleh Pemerintah," ujarnya, kemarin.

Mahfud menjelaskan, pencairan akan dilakukan secara bertahap atau multiyears pada 2022, 2023 hingga 2024. Setiap tahun, Pemerintah akan mencairkan anggaran sesuai yang dibutuhkan KPU. "Ini sudah dijamin Pemerintah. Tahun berikutnya anggaran disediakan, berikutnya lagi disediakan," terang Mahfud.

Baca juga : Masih Lemes Pagi Ini, Rupiah Butuh Vitamin

Mahfud memastikan, usulan anggaran dari KPU sudah disetujui. Seperti kenaikan biaya terhadap panitia, sudah disetujui, meski tidak 100 persen. Sementara, kegiatan operasional seperti pembangunan gedung-gedung di daerah, memang masih belum disetujui.

Kepada KPU, Mahfud berpesan agar tidak memusingkan masalah dana. KPU lebih baik fokus dan bersungguh-sungguh bekerja dengan penuh profesionalitas. Hal itu penting agar KPU bisa menghadapi gugatan-gugatan yang dilayangkan pada peserta pemilu.

"Karena, apa pun yang Anda lakukan, itu pasti ada yang menggugat. Tidak ada Pemilu yang tidak ada gugatan. Sejak dulu terjadi seperti itu," wanti-wantinya.

Baca juga : Hati-hati, Omicron Versi Centaurus Sudah Tiba Di Singapura

Di akhir penjelasannya, Mahfud mengajak seluruh rakyat menyambut Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya. Dia berharap, Pemilu 2024 dapat menghasilkan anggota-anggota DPR, DPRD, DPD, Presiden dan Wakil Presiden yang bisa lebih memajukan Indonesia.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menguatkan pernyataan Mahfud. Dia memastikan, pencairan anggaran Pemilu tidak akan meleset dari waktu yang ditentukan. "Sesuai pernyataan Pak Menko Polhukam, anggaran untuk tahapan Pemilu akan disiapkan sesuai waktunya," tukas Isa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.