Dark/Light Mode

Logo Xiao Hao Diluncurkan, Pengprov WI Jatim Gelar Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

Sabtu, 6 Agustus 2022 21:48 WIB
Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto. )Foto: Istimewa)
Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto. )Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dahlan bercerita bahwa Harian Disway pernah menyelenggarakan Disway Open Wushu Championship pada 25-27 Maret 2022. Kejuaraan terbuka itu diikuti 347 atlet dari 13 kontingen yang berasal dari 11 kota pada 3 provinsi. ’’Pesertanya buanyak. Mereka antusias semua,’’ katanya.

Dengan pengalaman kejuaraan tersebut, Harian Disway pun oke ketika diajak Pengprov Jatim untuk menggelar kejuaraan yang lebih besar.

Berdasar kalkulasi panitia, tak kurang dari 700 atlet akan berlaga pada kejuaraan ini. Sebab, selain Kejurnas Nasional Wushu Piala Presiden, ada juga kejuaraan terbuka nasional yang memperebutkan dua piala.

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Bagi ASN Jateng

Yakni, Piala Airlangga Hartarto untuk kategori tradisional (kungfu) dan Piala Menpora untuk kategori Taolu. Wujud Piala Presiden yang diterima Soedomo terlihat begitu gagah. Bahannya kuningan.

Ia melambangkan burung Garuda yang sedang membentangkan sayapnya. Menaungi empat atlet wushu. Baik atlet tangan kosong, senjata, plus Sanda (kategori pertarungan).

Maskot Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 yang langsung diluncurkan pada acara audiensi tersebut benama Xiao Hao. Bisa diterjemahkan sebagai Mutiara Kecil. Juga bisa berarti Little Hero. Pahlawan Kecil. ’’Atlet wushu kita adalah mutiara-mutiara kecil. Yang berani,’’ ucap Dahlan Iskan.

Baca juga : Legenda Dan Bintang Bulutangkis Bakal Ramaikan Piala Presiden 2022

Xiao Hao dirancang oleh Nathania Christiyanto, kepala desainer Harian Disway. Nia, sapaannya, meracik berbagai macam unsur dalam maskot itu.

Xiao Hao digambarkan sebagai seorang anak imut yang memakai baju tanding wushu. Lambang atlet wushu. Baju itu berwarna putih.

Seperti mutiara. Ada ornamen biru yang menyerupai lidah api. Itulah simbolisasi blue fire, api biru yang ada di Gunung Ijen, Bondowoso.

Baca juga : Resmi Dibuka Menpora, Ini Harapan Ketum PP PBSI Untuk Piala Presiden 2022

Meski menggambarkan atlet bela diri, Xiao Hao tidak tampil sebagai sosok yang gahar dan sangar. Ide dasarnya, suasana kompetisi dalam pertandingan wushu tetap harus fun. Menggembirakan.

Sebab, pada dasarnya para atlet itu bertanding untuk satu tujuan bersama: meraih prestasi. Airlangga pun mengapresiasi maskot tersebut. ’’Bisa jadi merchandise,’’ ujar Airlangga. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.