Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia, Laga Brazil Vs Argentina Resmi Batal

Rabu, 17 Agustus 2022 06:37 WIB
Duel Argentina vs Brasil. (Foto : Ist)
Duel Argentina vs Brasil. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Argentina dan Brazil kini bisa fokus ke laga Piala Dunia November mendatang di Qatar. Laga kualifikasi Piala Dunia yang sedianya wajib dijalankan dibatalkan FIFA. Argentina dan Brazil bebas dari denda.

Laga Brazil vs Argentina  seharusnya berlangsung September tahun lalu, namun pertandingan dihentikan ketika pejabat kesehatan Brazil menyerbu ke lapangan saat laga berjalan tujuh menit di Sao Paulo, dan menuding adanya pelanggaran karantina Covid-19 oleh tim Argentina.

Berita Terkait : Tak Teliti, Penumpang Kena Tarif Lebih Mahal

Tetapi dengan sudah pastinya kedua negara lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022, pada 20 November, mereka telah memohon kepada badan sepak bola dunia FIFA untuk membatalkan pertandingan secara definitif.

"Pertandingan Brazil-Argentina tidak akan dimainkan," kata Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) dan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dalam pernyataan bersama, seperti dikutip AFP.

Berita Terkait : Kendalikan Inflasi, Pemerintah Harus Jaga Stabilitas Harga Dan Rantai Pasok

"AFA, CBF dan FIFA telah menyelesaikan perselisihan di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)." Kedua negara berpendapat bahwa memainkan pertandingan sesuai jadwal pada 22 September akan berdampak buruk pada persiapan Piala Dunia mereka.

FIFA memutuskan pada bulan Februari bahwa permainan harus diulang dan pada bulan Mei badan itu menolak banding kedua federasi untuk membatalkan pertandingan, sementara mereka harus membayar denda senilai ratusan ribu dolar.

Berita Terkait : Grup F Piala Dunia, Perang Bintang Pemburu Gelar

Kedua federasi kemudian membawa kasus ini ke CAS, yang dijadwalkan bulan ini. Brazil dan Argentina sudah pasti lolos ke Piala Dunia. Pertandingan sisa di zona Amerika Selatan tidak berpengaruh bagi mereka.

Brazil memuncaki grup dan Argentina urutan kedua. Brazil telah memenangkan Piala Dunia lima kali sementara Argentina dua kali juara, demikian Antara.