Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menuju Piala Dunia

Timnas Argentina Bukan Kaleng-kaleng

Jumat, 29 Juli 2022 07:00 WIB
Lionel Messi. (Foto: Getty Images).
Lionel Messi. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Argentina bukanlah Tim Kaleng-kaleng. Diperkuat Lionel Messi, tim berjulukan Albiceleste, jadi salah satu favorit juara Piala Dunia di Qatar tahun ini.

Pada kompetisi kali ini, mereka berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia.

Argentina menjadi salah satu tim favorit pada Piala Dunia 2022. Apalagi, La Albiceleste sedang diselimuti tren positif menjelang turnamen akbar tersebut.

Skuad asuhan pelatih Lionel Scaloni datang ke Piala Dunia 2022 dengan status juara Copa America 2021.

Kemudian pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, Argentina telah memainkan 17 pertandingan dengan hasil 11 kali menang dan enam kali imbang tanpa tersentuh kekalahan. Kemudian, tren positif Timnas Argentina berlanjut dengan kemenangan atas juara Piala Eropa 2020, Italia, pada laga Finalissima yang digelar di Stadion Wembley, London, pada awal Juni lalu. Rangkaian hasil bagus tersebut menambah kepercayaan diri skuad timnas Argentina.

Negara yang kini menduduki peringkat ketiga di ranking FIFA tersebut, mempunyai sederet pemain kunci yang bakal menjadi andalan di Piala Dunia nanti. Antara lain:

Lisandro Martinez

Berita Terkait : Skuad Tim Samba Diisi Tenaga Muda

Lisandro Martinez dikenal sebagai bek serbabisa yang mampu bermain di sejumlah posisi, termasuk posisi yang bukan posisi naturalnya.

Selain jago sebagai bek tengah, Lisandro juga mahir bermain di posisi gelandang bertahan dan bek sayap (kiri-kanan).

Rekrutan anyar Manchester United tersebut, menurut Transfermarkt, lebih banyak dimainkan di posisi alaminya, yaitu bek tengah.

Tercatat, ia telah tampil sebanyak 139 kali bermain sebagai bek tengah bersama Ajax. Di samping itu, ia juga pernah bermain di posisi gelandang bertahan sebanyak 22 kali, bek kiri (12 kali), dan bek kanan (3 kali).

 

Dengan fleksibilitas posisi yang bisa dimainkan oleh Lisandro, pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni bakal menjadikan pemain yang sudah mengoleksi tujuh caps ini andalan menggalang lini pertahanan La Albiceleste di Piala Dunia nanti.

Angel Di Maria

Angel Fabian Di Maria atau akrab disapa Angel Di Maria adalah salah satu winger terhebat yang pernah dimiliki oleh Timnas Argentina.

Berita Terkait : Menang Lawan Mardani Maming, KPK Tancap Gas Selesaikan Penyidikan

Pemain berusia 34 tahun ini masih berada di level top permainan dan bermain bersama raksasa asal Italia pada musim ini, Juventus.

Di Maria mengawali karirernya sebagai pemain sepa kbola saat dia bergabung dengan Rosario Central pada 2005.

Kemudian dia pindah ke Benfica di tahun 2007. Di Maria pernah merumput di Real Madrid pada 2010 hingga 2014. Selama itu dia telah tampil sebanyak 124 kali dan melesakkan 22 gol.

Pada Agustus 2014, Angel Di Maria menandatangani kontraknya dengan Manchester United. Setahun bersama The Red Devils kemudian dia merapat ke Paris Saint-Germain (PSG).

Bersama Timnas Argentina, pemain yang telah megoleksi 122 caps serta 25 gol ini sudah memperkuat La Albiceleste sejak 2008.

Sebelumnya dia berada di timnas Argentina U-20 dan U-23 dan meraih prestasi gemilang dengan membawa trofi Piala Dunia U-20 hingga medali emas Olimpiade di Olimpiade Beijing. Lalu berhasil persembahkan gelar Copa America 2021/2022 untuk timnas senior.

Lionel Messi

Berita Terkait : Jelang Piala AFF, Timnas U-16 Makin Kinclong

 Tidak bakal bisa mengesampingkan nama pemain peraih gelar tujuh Ballon d’Or ini di Timnas Argentina. Meskipun sudah berusia 35 tahun, Lionel Messi yang berjuluk La Pulga bakal menjadi andalan Lionel Scaloni untuk memimpin skuad La Abliceleste di Piala Dunia nanti.

Lionel Messi mengawali karier sepak bola ketika berusia lima tahun. Kala itu dirinya bermain untuk Grandoli, klub sepak bola lokal yang dilatih ayahnya.

Setelah itu dia bermain untuk tim junior Barcelona pada tahun 2000 hingga 2003. Lalu Frank Rijkaard kala itu memberi kesempatan kepada Lionel Messi naik kelas dan melakukan debut di La Liga dalam laga Barcelona melawan Espanyol.

Kini ia memperkuat klub asal Prancis, Paris Saint Germain (PSG) dan baru mengoleksi gelar Liga Prancis di musim lalu.

Messi sudah meraih segalanya di dunia sepak bola setidaknya di level klub maupun individu. ■