Dark/Light Mode

Balik Ke MotoGP, Marquez Masih Loyo

Kamis, 8 September 2022 08:38 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto : ist)
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebalap Marc Marquez akhirnya kembali naik motor MotoGP, usai 100 hari absen akibat operasi keempat di lengan kanan pada awal Juni.

Pebalap Repsol Honda itu berkendara bersama para rival dalam tes tengah musim di Misano, Italia, Selasa (6/9). Meski senang bisa kembali, The Baby Alien --julukan Marc Marquez-- mengaku, fisiknya belum terlalu kuat.

Dia menyatakan, programnya pada hari pertama tes bisa dipenuhi. Tadinya, ia berencana menjalani 40 lap dan hanya turun lintasan pada sesi pagi. Akhirnya, ia menjalani 39 lap dan lalu memutuskan rehat demi menyimpan tenaga.

Baca juga : MotoGP, Marcquez Terinspirasi Muhammad Ali

Crash.net melansir, Marquez duduk di posisi 17 pada sesi pagi, 0,864 detik dari rider tercepat kala itu, Aleix Espargaro, yang membubuhkan 1 menit 31,531 detik. Pecco Bagnaia pun jadi yang tercepat dalam kombinasi catatan waktu, dan catatan waktu Marquez tertinggal 1,103 detik dari rider Ducati tersebut.

Marquez mengaku masih butuh adaptasi karena baru latihan fisik lebih intensif dalam dua pekan terakhir. “Saya baru mulai latihan di gym dua pekan lalu, dan baru latihan motor dua hari. Kini langsung naik motor MotoGP. Jadi, rentang waktunya sangat sempit dan perjalanan saya masih panjang,” ujar pebalap Spanyol itu.

“Saya merasa oke, tetapi tak menikmati run pertama karena motor MotoGP terlalu cepat, “ papar Marquez.

Baca juga : Para Koruptor, Jangan Tiru Harun Masiku

Meski begitu, dia mulai menikmati lebih baik. Usai 100 hari absen, Marquez masih bisa berkendara berdasarkan insting. “Tulang saya sudah tersambung 100 persen. Tulang saya sudah sempurna. Masalahnya justru otot,” lanjutnya. Secara fisik, dirinya masih menderita ketimbang bersenang-senang. Tapi, terkadang berbeda saat sudah berkendara.

“Motor MotoGP sangat bertenaga. Anda bisa saja punya fisik bugar, tapi lain cerita saat berkendara,” ucap delapan kali juara dunia MotoGP ini.

Marquez juga menyatakan, catatan waktunya belum bisa secepat pembalap lain karena para rivalnya sudah ‘panas’ terlebih dahulu karena baru saja menjalani balapan dalam Seri San Marino di trek sama akhir pekan lalu.

Baca juga : Masih Cedera, Marquez Ogah Mikir Balapan

“Hari ini, semua orang supercepat karena baru menjalani pekan balap. Sementara saya hanya fokus pada cara berkendara, terutama mencari posisi berkendara yang baik. Rasanya tak buruk,” pungkas Marquez. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.