Dark/Light Mode

JAPFA Chess Festival 2022 Resmi Dibuka

Utut Adianto: Latihan Dan Evaluasi Modal Penting Sukses Turnamen

Sabtu, 10 September 2022 20:19 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto membuka secara resmi JAPFA Chess Festival 2022 di Gedung Serba Guna Senayan Jakarta, yang digelar 10-14 September 2022.

Utut mengatakan, kesempatan mengikuti berbagai turnamen menjadi jalan mencetak pecatur handal. Selain itu juga proses pelatihan yang benar dan adanya evaluasi pecatur juga menjadi hal fundamental.

“Sekarang yang pertama kita tanamkan adalah dasar pelatihan yang benar, supaya orang itu dapat berlatih. Kemudian mengirimkan ke turnamen luar negeri, lalu selanjutnya mengevaluasi hasil turnamen di setiap tingkatan," ujar Utut saat membuka JAPFA Chess Festival 2022, Sabtu (10/9).

Baca juga : PDIP Gelar Festival Bakar Ikan Nusantara, Puan: Ketahanan Dan Kedaulatan Pangan Penting

Turnamen berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta berlangsung 10 -14 September 2022.

"Seperti setelah ini ada JAPFA, bulan depan, 13 Oktober ada ASIAN Youth, kemudian November ada Kejurnas,” ujar Utut.

Sementara itu, Direktur Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Rachmat Indrajaya mengatakan, merasa senang melihat antusias peserta. Apalagi peserta junior dari berbagai pelosok Nusantara, sehingga dapat memunculkan bibit pecatur.

Baca juga : Rakornas Perpustakaan 2022 Resmi Ditutup, Ini 9 Poin Penting Rekomendasinya

“Pecatur di Indonesia ini sangat luar biasa, di berbagai pelosok itu sangat banyak. Ada pecatur binaan kami dari Lampung dan Gorontola baru mendapat juara di Kejuaraan Daerah masing masing," ujarnya.

Seperti Utut Adianto, Susanto, dan yang lainnya, sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi di kancah internasional.

Plt Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Jonni Madrizal berkesempatan membuka secara resmi turnamen tersebut. Dirinya mengapresiasi gelaran yang juga bertujuan memunculkan pecatur-pecatur handal daerah.

Baca juga : PLN Mobile Proliga 2022 Resmi Dibuka, Menpora: Persiapan Hadapi Sea Games

“Mencari bibit pecatur ya dengan mengadakan festival, kejuaraan-kejuaraan, karena semakin banyak kejuaraan tentu kita dapat melihat bibit-bibit unggul. Juga mencari atlet-atlet yang dapat dimasukan ke Pelatnas dan ajang lainnya,” ujarnya.

Turnamen juga menghadirkan kategori Internasional. IM Mohamad Ervan (rating 2395), dan IM Medina Warda Aulia (2383) diadu dua pecatur top ASEAN lainnya. Ada juga kelompok usia di bawah 10 tahun, di bawah 14 tahun dan kelompok di bawah 18 tahun kategori putra putri.

Selain itu juga ada kelompok junior U-16 hingga tkategori untuk kelompok senior, serta veteran di atas 55 tahun.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.