Dark/Light Mode

Dewan Olahraga Sekolah ASEAN Apresiasi Pelaksanaan ASG 2019

Senin, 22 Juli 2019 21:38 WIB
Wakil Dewan Olahraga Sekolah ASEAN (ASSC) Ong Kim Soon saat jumpa pers terkait kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan ASG 2019. (Foto : Kemenpora)
Wakil Dewan Olahraga Sekolah ASEAN (ASSC) Ong Kim Soon saat jumpa pers terkait kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan ASG 2019. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Olahraga Sekolah ASEAN (ASSC) mengapresiasi Indonesia sukses menyelenggarakan ASEAN Schools Games ke-11 di Semarang, Jawa Tengah.

Indonesia sebelumnya pernah menjadi tuan rumah ASG di Surabaya, pada 2012. Di kesempatan kedua sebagai negara penyelenggara, ASSC memandang Indonesia mengalami banyak peningkatan, terutama dari segi standar penyelenggaraan.

Dijelaskan wakil ASSC Ong Kim Soon, Indonesia mampu menyelenggarakan ASG 2019 dengan baik. “Terima kasih Indonesia telah menyelenggarakan ASEAN Schools Games. Sejauh ini, semua dikerjakan dengan sangat baik, mulai dari sisi teknis penyelenggaraan sampai venue, semua dipersiapkan dengan baik. Di samping memang ada tantangan, seperti ada atlet-atlet dari beberapa negara yang tidak bisa tiba tepat waktu, tapi Indonesia bisa membuat penyesuaian bagi mereka, seperti penyesuaian jadwal,” katanya.

Baca juga : Jasa Marga Raih Apresiasi Manajemen Layanan Informasi Arus Mudik 2019

“Ini bagus sekali karena di banyak event olahraga internasional, hal ini tidak terjadi. Tapi karena ini ASEAN Schools Games, kami sangat ingin menyediakan kesempatan bagi anak-anak untuk bertanding. Jadi kami sangat mengapresiasi Indonesia yang melakukan ini semua untuk anak-anak,” tambah pria asal Singapura ini.

“Saya kira Indonesia fantastis. Sampai sejauh ini, sudah ada 11 kali penyelenggaraan ASEAN Schools Games, dan ini adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah, jadi secara keseluruhan ada peningkatan standar. Tidak hanya dari segi profesionalitas, tapi juga dari sisi semangat dan bagaimana anak-anak berinteraksi satu sama lain, ini bagus sekali. Jadi standar penyelenggaraan semakin membaik. Kami sangat mengapresiasi itu,” ujar Ong.

ASEAN Schools Games adalah multi event olahraga tahunan untuk atlet pelajar sekolah menengah di negara-negara anggota ASEAN dan diselenggarakan di bawah wewenang ASSC.

Baca juga : Menkes Apresiasi 6 Gubernur dan 56 Bupati

Selain kompetisi di bidang olahraga, yang tak kalah pentingnya adalah penanaman nilai-nilai solidaritas, persaudaraan, dan persahabatan bagi para atlet pelajar di ASEAN, dan secara lebih luas bagi anak-anak muda di ASEAN.

Dijelaskan Ong, ompetisi ini menyediakan dimensi tambahan bagi anak-anak untuk bersama-sama memahami sejarah dan budaya dari masing-masing negara. Baginya, ini adalah kunci dari penyelenggaraan ASG dibandingkan dengan kompetisi olahraga bagi pelajar lainnya, yaitu kita mengajak anak-anak, para atlet pelajar, untuk bersama-sama memperkuat gagasan Solidaritas ASEAN.

"Sehingga nanti anak-anak muda kita akan tumbuh dengan memiliki pemahaman bahwa disamping negara mereka yang sangat mereka cintai dan mereka bela, ada Komunitas ASEAN yang lebih besar, kita akan saling mendukung dan menguatkan,” tutup Ong. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :