Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MotoGP Thailand

Oliveira Jadi Raja Lintasan Basah

Senin, 3 Oktober 2022 07:00 WIB
Miguel Oliveira. (Foto: Getty Images).
Miguel Oliveira. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebalap tim Red Bull KTM Miguel Oliveira MOTOGP THAILAND berhasil menaklukkan lintasan basah Sirkuit Internasional Chang, Buriram pada MotoGP Thailand, kemarin. Pebalap Portugal itu kembali menjadi raja lintasan basah seperti ketika ia menjuarai wet race di Sirkuit Mandalika pada awal musim ini.

Oliveira mencegah Jack Miller merebut kemenangan keduanya secara beruntun dan menahan sang pembalap Ducati 0,730 detik di belakang setelah finis, demikian laman resmi MotoGP.

Balapan digelar di Sirkuit Internasional Chang, Thailand pada Minggu (2/10) sore WIB. Memulai balapan dari posisi ke-11, Oliveira berhasil melesat dan mempertahankan urutan pertama hingga akhir balapan.

Marco Bezzecchi (Mooney VR46) langsung tancap gas meninggalkan para pebalap lainnya. Start dari posisi pertama, Bezzecchi langsung melesat tanpa gangguan. Namun, situasi itu hanya berlangsung beberapa putaran. Bezzecchi sempat melakukan kesalahan di tikungan pertama. Akhirnya, pada lap kelima, posisinya berhasil direbut oleh Jack Miller (Ducati Lenovo) yang sebelumnya tepat berada di belakangnya.

Baca juga : MotoGP Thailand, Bagnaia Pede Naik Podium

Sementara, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) tepat berada di belakang Bezzecchi. Pada tikungan kesembilan, Luca Marini (Mooney VR46) tiba-tiba terjatuh. Kejadian ini membuat adik Valentino Rossi itu melorot ke posisi buncit.

Memasuki lap ke-10, Miller masih nyaman memimpin jalannya balapan di lintasan yang cukup basah. Di belakangnya, Bagnaia dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM) kejar-kejaran memperebutkan posisi kedua. Marc Marquez (Repsol Honda) menyusul di posisi keempat, terpaut +3,081 detik dari Miller.

The Baby Alien julukan Marquez berupaya keras untuk mengejar Bagnaia dan Oliveira. Sementara itu, pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy) melorot ke urutan 22. Pebalap asal Prancis itu nampaknya kesulitan untuk menggapai zona 10 besar dalam balapan tersebut.

El Diablo -julukan Quartararoterus berupaya untuk masuk ke zona 10 besar. Pasalnya, posisi Quartararo di puncak klasemen terancam jika Bagnaia mampu masuk tiga besar dalam balapan tersebut. Memasuki lap ke-15, Oliveira tiba-tiba merebut posisi Miller.

Baca juga : Bamsoet Ajak Elemen Bangsa Bersama Jaga Ikatan Kebangsaan

Pebalap asal Portugal itu sukses melakukan manuver hebat untuk menyalip Miller di tikungan terakhir. Alhasil, Miller tergeser menjadi urutan kedua. Oliveira berhasil menjaga jarak dari Miller dan Bagnaia. Alhasil, Oliveira berhasil mengunci kemenangan di MotoGP Thailand 2022. Posisi podium ditempati Miguel Oliveira (juara), Jack Miller (runner up) dan Francesco Bagnaia (podium ketiga).

“Balapan yang panjang pastinya, saya tidak bisa mengeluh karenanya. Setiap kali kami mendapat kesempatan balapan basah, saya selalu cepat,” kata Oliveira.

“Saya mencoba fokus dan tidak membuat kesalahan, pada akhirnya kami menang. Bukan kondisi yang kami inginkan, tapi saya sangat senang bisa merebut kemenangan ini.” Rekan satu tim Miller, Francesco Bagnaia melengkapi podium di P3.

Dengan hasil itu, Bagnaia kini merapat ke posisi puncak klasemen sementara yang masih dipegang Fabio Quartararo dengan margin dua poin saja di saat tiga balapan tersisa hingga akhir musim.

Baca juga : Pertahankan Kinerja, Jasa Raharja Diperkuat Komisaris Baru

Quartararo tampil buruk di Thailand dan gagal mengemas poin setelah finis P17 meski start dari P4. Aleix Espargaro dari tim Aprilia bertahan di peringkat tiga dengan margin 20 poin dari puncak setelah finis P11 di dan harus menjalani penalti long lap karena menyebabkan senggolan dengan pembalap KTM Brad Binder di Thailand. Start balapan seri ke-17 di kalender itu tertunda 55 menit karena hujan deras di Buriram.

Selanjutnya, ajang balap MotoGP akan dilanjutkan ke Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 17 Oktober, mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.