Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Piala Dunia U-20, DPR Cek Stadion Markas Bali United

Jumat, 11 November 2022 17:15 WIB
Anggota DPR saat mengecek stadion Kapten I  Wayan Dipta, Gianyar. (Foto : Baliutd)
Anggota DPR saat mengecek stadion Kapten I  Wayan Dipta, Gianyar. (Foto : Baliutd)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi X DPR RI mengecek markas Bali United, di Stadion Kapten I  Wayan Dipta, Gianyar yang akan menjadi tempat penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

“Kami dari Komisi X memiliki tanggung jawab bersama masyarakat bagaimana penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini supaya sukses. Secara bertahap, semua persyaratan dari FIFA agar kita penuhi dengan melihat waktu yang cukup,” ungkap anggota DPR RI, Djohar Arifin Husin, pada Jumat (11/11) pagi.

Menurut Djohar, Tragedi Kanjuruhan bulan lalu menjadi catatan penting untuk sepak bola Indonesia. Itu mengapa pihaknya memperhatikan stadion-stadion yang akan digunakan dalam kompetisi internasional harus memiliki kesiapan yang layak dan pantas.

Baca juga : Edinson Cavani Masuk, Ini 26 Pemain Timnas Uruguay

“Kami datang ke sini (Bali) mendukung syarat dari FIFA untuk diperhatikan karena informasi terakhir rencananya stadion Dipta bisa disiapkan sebagai ajang semifinal maupun final nantinya. Serentak saat ini kunjungan kami dari Komisi X DPR RI baru stadion yang ada di Bali, Palembang dan Solo,” imbuh Prof. Djohar.

Dalam kunjungan Komisi X DPR RI ke stadion Dipta diterima langsung oleh perwakilan manajemen Bali United yaitu I Ketut Suantika dan Richie Kurniawan, Asprov Bali yang dihadiri Sekretaris Umum, Dewa Made Teges dan Kabid Disdikpora, I Made Dana Tenaya. Setelah mengelilingi stadion Dipta, acara berlanjut dengan pemaparan sarana prasarana yang telah tersedia di Bali United Cafe.

Pada acara ini, Richie Kurniawan selaku perwakilan pengelola stadion Dipta menyampaikan beberapa kesiapan dan standar yang berlaku dalam penerapan selama kompetisi di stadion Dipta. Diskusi berlangsung antara pihak stadion Dipta dengan para pejabat dari Komisi X.

Baca juga : Piala Dunia Qatar, Tim Jepang Sesumbar Masuk 16 Besar

Yang menjadi perhatian adalah perihal kelistrikan dan ketersediaan single seat standar FIFA sebagai penunjang sarana dari stadion Dipta. Sebab, pada penyelenggaraan kompetisi internasional, jangan sampai ada kendala pada ketersediaan listrik dan bangku penonton yang sesuai dengan permintaan FIFA.

Hal itu pun menjadi atensi Komisi X DPR RI untuk selanjutnya bisa dilanjutkan dan diproses oleh pemerintahan agar kesiapan stadion Dipta semakin baik. Secara keseluruhan, menurut Ketua Kehormatan PSSI tersebut menyatakan bila stadion Dipta secara umum sudah sangat siap menyambut pagelaran Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Apa yang diinginkan FIFA dan masyarakat dunia sepak bola bisa kita penuhi. Dari pandangan saya stadion Dipta sudah oke tinggal bagaimana kekurangan yang ada bisa dipenuhi. Mungkin catatan penting juga adalah perihal kelistrikan dan single seat standar FIFA agar penyelenggaraan kompetisi tidak terganggu. Secara umum sangat bagus dan Bali sangat siap menyambut pelaksanaan Piala Dunia U-20,” jelas Prof. Djohar.

Baca juga : Persiapan Piala Dunia, 6 Stadion Dilarang Buat Konser

Selain stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar yang menjadi salah satu lokasi stadion penyelenggaraan Piala Dunia U-20, adapula beberapa stadion lain yang dipersiapan menyambut ajang kompetisi internasional kategori usia muda ini.

Stadion tersebut antara lain stadion Manahan, Solo, stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, dan stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Turnamen internasional ini direncanakan akan diselenggarakan pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Semoga persiapan stadion-stadion terpilih di Indonesia bisa memberikan dampak yang baik untuk kompetisi sepak bola Indonesia di mata dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.