Dark/Light Mode

Forki DKI Ingin Loloskan Semua Nomor di Babak Prakualifikasi PON 2023

Senin, 14 November 2022 15:01 WIB
Pelantikan pengurus Forki DKI Jakarta. (Foto: Forki DKI)
Pelantikan pengurus Forki DKI Jakarta. (Foto: Forki DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Provonsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) DKI Jakarta ingin meloloskan semua nomor, baik Kumite maupun Kata, di babak prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang bakal digelar pada 2023.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pengprov Forki DKI Jakarta Taufik Wibowo, dalam pidatonya di acara pelantikan Pengprov Forki DKI periode 2022-2026 oleh Ketua Umum PB Forki Hadi Tjahjanto, di Gedung BPN, Jakarta, Senin (14/11).

Taufik berani mentargetkan hal tersebut karena para karateka DKI telah dipersiapkan cukup matang. Di samping itu, dia juga melihat hasil Kejurnas Karate Piala Ketua Umum PB Forki yang digelar awal Oktober di Padang, Sumatera Barat, dengan kontingen DKI menjadi juara umum.

Baca juga : Sowan Ke KONI DKI, Ini Pesan Hidayat Untuk Hapkindo Hadapi PON 2024

"Saat ini kami sudah mempersiapkan karateka dengan cukup baik. Kami optimistis di prakualifikasi PON 2023, kami bisa meloloskan semua nomor, baik di Kumite maupun Kata," jelasnya.

Keyakinan ini, kata Taufik, juga berkaca dari hasil Kejurnas Karate. "Kita memang juara umum untuk katagori Kadet Junior, U-21 dan Senior dengan meraih 11 medali emas," jelasnya.

Perihal di kelas senior, yang DKI hanya menghasilkan tiga medali emas dari karateka Ceyco Hutagalung, Barong, dan Kata Beregu Putri, Taufik menyebut, beberapa karateka andalan DKI di nomor senior tidak tampil. "Nah nanti di Prakualifikasi mereka akan tampil semua. Pokoknya kita full team," jelasnya.

Baca juga : Hari Pangan Sedunia, NFA Laksanakan GPN 2022

Karateka DKI juga akan tampil di Kejuaraan Dunia Karate WKF Serie A yang akan dilangsungkan di Istora Bung Karno pada 18-20 November ini.

Di tempat yang sama, Ketua KONI DKI Hidayat Humaid meminta Forki DKI menjadi garda terdepan pembinaa karate nasional. "Kami berharap Forki DKI menjadi yang terdepan dalam pembinaan karate nasional. Saya juga berharap di PON Aceh-Sumut nanti karate bisa melebihi perolehan medali emas di Papua. Kalau di Papua mendapat tiga emas nanti di Aceh-Sumut bisa mendapat empat atau lebih," harapnya.

Kehebatan pembinaan karate di DKI diakui Ketua Umum PB Forki Hadi Tjahjanto. Ia menyebut, saat kejuaraan dunia junior karate WKF, Indonesia mendapat dua medali perak. "Itu semuanya berasal dari karateka DKI. Saya berharap karate DKI jadi barometer pembinaan nasional," ucapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.