Dark/Light Mode

Sukses Cukur Iran 6-2

Southgate Ngaku Belum Puas

Rabu, 23 November 2022 07:00 WIB
Timnas Inggris. (Foto: Net).
Timnas Inggris. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski Timnas Inggris sukses mencukur Iran 6-2 di laga perdana, tidak membuat sang Pelatih Gareth Southgate puas. Dia berharap, The Three Lions bisa lebih baik tanpa kebobolan.

Pesta gol kemenangan Inggris di Khalifah International Stadium, Al Rayyan diciptakan Jude Bellingham pada menit ke-35, Bukayo Saka pada menit ke-43 dan menit ke-62 dan Raheem Sterling di menit ke-45+1.

Kemudian, Marcus Rashford pada menit ke-71, serta Jack Grealish di menit ke-89. Sedangkan, dua gol balasan Iran diciptakan pemain FC Porto, Mehdi Taremi di menit ke-65, dan menit ke-90+13 via penalti.

Baca juga : Sukseskan KTT G20, Smartfren Perkuat Layanan Di Bali

Southgate mengaku tidak puas karena anak-anak asuhnya kebolan dua kali, setelah penyerang Iran Mehdi Taremi mencetak dua gol. Pasalnya, Inggris akan menghadapi ujian lebih berat melawan Amerika Serikat (AS), Jumat (25/11) dan Wales pada 29 November. Karenanya, Southgate mengingatkan para pemainnya tetap fokus.

“Kami sangat puas dengan cara kami mengawali turnamen ini. Iran adalah tim yang sulit ditembus. Jadi, saya harus memuji para pemain, pergerakan mereka, dan kualitas mereka di depan gawang,” ungkap Southgate.

Dia meminta timnya tampil lebih baik melawan AS. Karena mereka pasti akan langsung menggebrak sejak awal laga.

Baca juga : Perang Survei Makin Memanas

Pelatih Timnas Iran Carlos Queiroz mengakui, gelombang protes yang terjadi di Iran berpengaruh terhadap permainan mereka saat dikalahkan Inggris.

Menurutnya, para pemain merasakan ketegangan saat negara mereka bergejolak akibat kematian wanita berusia 22 tahun, Mahsa Amini, dalam tahanan polisi dua bulan lalu.

Di Grup A, Belanda sukses mengalahkan Senegal 2-0. Kapten Timnas Belanda Virgil van Dijk mengatakan, timnya bisa memperbaiki penampilan mereka meski sukses mengawali Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 2-0 atas juara Piala Afrika itu.

Baca juga : Jeblok Di MU, Southgate Diminta Nggak Bawa Maguire Ke Piala Dunia Qatar

Gelandang Ajax, Davy Klaassen meraih kemenangan dalam laga Grup A di Stadion Al Thumama itu.

“Saat menyerang, kami kerap memaksakan diri sehingga terbuka dari ancaman serangan balik yang dilakukan Senegal,” ujar Van Dijk.

Kini, Belanda mengantongi poin yang sama dengan Ekuador, yang menang 2-0 atas tim tuan rumah Qatar di laga pembuka Piala Dunia 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.