Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jinakkan Harga Sembako

Zulhas Nggak Punya Jurus Baru

Sabtu, 18 Juni 2022 06:40 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meninjau barang kebutuhan pokok di Pasar Koja Baru, Jakarta, Jumat (17 Juni 2022). (Foto : Biro Humas Kemendag).
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meninjau barang kebutuhan pokok di Pasar Koja Baru, Jakarta, Jumat (17 Juni 2022). (Foto : Biro Humas Kemendag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kenaikan harga sembako yang dimulai sejak sebelum Lebaran lalu, belum menunjukkan tanda-tanda akan jinak. Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan, punya pekerjaan berat untuk menyelesaikan persoalan ini. Sayangnya, pria yang akrab disapa Zulhas ini, nggak punya jurus baru. Ketua Umum PAN ini hanya mengandalkan jurus lama yang pernah dilakukan menteri-menteri sebelumnya, seperti sidak dan blusukan ke pasar.

Kemarin, atau hari kedua setelah dilantik menjadi Mendag, Zulhas kembali blusukan ke pasar tradisional. Kali ini, yang dikunjunginya adalah Pasar Koja Baru, Jakarta Utara. Dalam kunjungan itu, Zulhas tampil dengan kemeja lengan panjang warna biru muda yang dilipat sesiku.

Baca juga : Habiskan Energi, Perseteruan Sesama Tokoh Batak Harus Segera Diakhiri

Tiba di lokasi, Zulhas langsung masuk ke pasar. Lalu mampir ke kios yang menjual sayur-mayur, minyak goreng, telur, tahu tempe, dan daging. Sambil berkeliling, ia menyapa para pedagang. "Apa kabar? Bagaimana dagangannya," tanya Zulhas ke pedagang telur ayam. Momen ini dimanfaatkan para pedagang untuk curhat soal harga berbagai bahan pokok yang belum turun.

Usai tanya-tanya, Zulhas merogoh kantong celananya dan memberikan sejumlah uang kepada sejumlah pedagang. "Untuk tambahan modal," katanya, ke pedagang telur ayam.

Baca juga : Zul Ngakunya Syok

Selesai berkeliling, Zulhas menghela napas panjang. Kata dia, hampir semua bahan pangan mengalami kenaikan. Paling tertinggi komoditas cabe-cabean. "Semua jenis cabe naik," ungkapnya.

Cabe rawit merah misalnya, dibanderol Rp 110 ribu-Rp 130 ribu per kilogram. Harganya sudah hampir mendekati harga daging sapi yang dibanderol Rp 145 ribu per kilogram. Begitu juga telur ayam yang harganya sudah melonjak menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Baca juga : Jokowi Bocorkan Alasan Pilih Zulhas Sebagai Mendag

Apa yang dijumpai Zulhas, sama dengan yang tercatat di Informasi Pangan Jakarta. Dari situs untuk memantau harga bahan pangan itu, diketahui beberapa harga komoditas pangan seperti cabe rawit merah, bawang putih, minyak goreng, hingga daging sapi, masih terpantau mahal.

Selesai blusukan, Zulhas mengunggah foto-foto kegiatannya di akun Instagram miliknya. Zulhas mengaku mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk mengurusi ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan dan bahan pokok, termasuk minyak goreng alias migor. Menurut dia, menyelesaikan masalah migor ini tidak mudah. Karena itu, ia blusukan ke pasar untuk menyerap dan memetakan persoalan yang ada.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.