Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Piala Dunia 2022

Jerman Tersingkir, Oziel Mendadak Tenar

Minggu, 4 Desember 2022 05:26 WIB
Mantan pemain timnas Jerman, Mesut Oziel. (Foto : Ist)
Mantan pemain timnas Jerman, Mesut Oziel. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jerman menjadi bahan olok-olok di Piala Dunia 2022. Situasi berbeda justru dialami Mesut Ozil, yang terkesan disayang di perhelatan akbar itu.

Langkah Jerman di Piala Dunia 2022 terhenti di fase grup. Meski mampu menang 4-2 melawan Kosta Rika di matchday ketiga Grup E, Jerman cuma finis ketiga dengan empat poin setelah kalah selisih gol melawan Spanyol.

Tersingkirnya Der Panzer --julukan Timnas Jerman—ini, membuat sekelompok suporter di Stadion Al Bayt mengolok-olok pendukung Jerman. Saat mereka berjalan meninggalkan tribune, foto-foto Ozil dipamerkan ke arah suporter Jerman.

Baca juga : Laga Messi Ke-1.000, Argentina Hajar Australia

Beberapa fans Jerman ada yang terlihat marah. Ada seorang pria berusaha merampas foto Ozil, namun dengan cepat kelompok pengolok Timnas Jerman menahan agar tak direbut.

Foto Ozil sejatinya sudah dipamerkan oleh sekelompok suporter Qatar saat Jerman bermain imbang melawan Spanyol pada matchday kedua.

Hal ini diyakini bagian dari balasan aksi tutup mulut Jerman saat sesi foto di matchday pertama melawan Jepang. Timnas Jerman saat itu menutup mulut sebagai protes atas larangan kampanye LGBT, One Love, di Piala Dunia Qatar 2022.

Baca juga : Bekuk Amerika Serikat, Pelatih Belanda Pede Juara

Di sisi lain, Pemerintah Qatar tidak mengizinkan simbol-simbol kampanye LGBT ada di negaranya. Aksi tutup mulut Jerman dianggap hipokrit, mengingat apa yang dilakukan Die Nationalmannschaft kepada Ozil.

Mesut Ozil, yang punya darah Turki, secara mengejutkan pensiun dari Timnas Jerman pada 2018 dan mengungkap adanya rasisme kepada pemain keturunan Nationalelf.

Pada prosesnya, simbol LGBT diperbolehkan masuk ke stadion. Meski sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak tuan rumah dan FIFA. Ozil sejatinya sempat menonton langsung sebuah pertandingan Piala Dunia di Qatar.

Baca juga : Ini 3 Kejutan Piala Dunia 2022 Selama Babak Penyisihan

Hal itu ketahui dalam unggahan mantan bintang Real Madrid dan Arsenal itu di Instagram. “Senang berada di Qatar untuk #Worldcup2022. Terima kasih atas keramahan yang luar biasa & acara yang sempurna - selalu menyenangkan berada di sini. Semua yang terbaik untuk Qatar untuk turnamen yang tersisa - insya Allah kita akan segera bertemu lagi,” tulis Oezil di media sosial, tanpa mencantumkan bendera Jerman. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.