Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liga I Sepak Bola Dibuka Lagi

Mahfud Pasang Badan

Selasa, 6 Desember 2022 06:40 WIB
Ilustrasi Liga 1 yang telah resmi dibuka, Sabtu (23/7). (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)
Ilustrasi Liga 1 yang telah resmi dibuka, Sabtu (23/7). (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dua bulan lebih distop akibat tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang, kompetisi Liga 1 kembali dibuka, kemarin. Menko Polhukam Mahfud MD menjamin keamanan Liga 1 akan berjalan baik.

Pengumuman dibukanya kembali Liga 1 disampaikan Menpora Zainudin Amali, usai bertemu Mahfud, di Kantor Kemenko Polhukam, kemarin. Amali datang menghadap Mahfud bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Amali menerangkan, Pemerintah memutuskan Liga 1 tahun 2022-2023 diteruskan sampai tuntas. Jadwal-jadwal pun sudah ada atas rekomendasi Polri. “PSSI dan PT LIB akan melaksanakan dengan panduan sangat ketat," kata Amali.

Baca juga : Ucapkan Selamat Duluan, Ini Catatan Mahfud Untuk Panglima TNI Baru Yudo Margono

Tak hanya Liga 1, yang merupakan kompetisi tertinggi Indonesia, liga-liga di bawahnya juga diteruskan. Seperti Liga 2 dan Liga 3, yang sudah diizinkan kembali digelar. Syaratnya, pertandingan dilakukan tanpa penonton di stadion.

Amali menyebut, alasan kompetisi sepak bola diizinkan kembali digelar untuk pengembangan Tim Nasional (Timnas). Dalam beberapa waktu ke depan, Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2022 dan Piala Dunia U-20 2023.

"Mereka sekarang sedang dilatih Shin Tae-yong. Kemudian akan dikembalikan ke klub dan dilatih secara terus-menerus. Di situlah kita butuh kompetisi, sebab kalau cuma try out, tidak mendapat atmosfer," jelasnya.

Baca juga : Lestari Ajak Kolaborasi Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Mahfud MD menambahkan, setelah tragedi Kanjuruhan berlalu kira-kira sebulan, Pemerintah sudah memikirkan nasib kompetisi seperti apa. Kemudian diputuskan, kompetisi dilanjutkan. “Pemerintah pernah menghentikan liga sepak bola, maka sekarang Pemerintah mengumumkan liga akan diselesaikan dan PSSI akan bersama Menpora akan mengendalikan ini,” ujarnya.

Mahfud memastikan, keamanan setiap pertandingan akan berjalan baik. “Kapolri sudah menjamin segi-segi keamanannya. Liga diizinkan tanpa ada penonton untuk menyaksikan," katanya.

Mahfud juga menerangkan, reformasi sepak bola nasional berlangsung setelah kesepakatan yang dilakukan Pemerintah. Selain itu, ia juga menyatakan, rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan sudah dijalankan.

Baca juga : 8 Lagi Warga Palestina Dibunuh Israel: Lindungi Rakyat Palestina!

Kapolri memastikan mendukung kompetisi sepak bola nasional. Dia berharap, kompetisi bisa berjalan lebih baik dengan standar pengamanan lebih baik pula. "Semuanya dilakukan evaluasi dan persiapan lebih baik. Terkait aturan-aturan FIFA kita perjelas, termasuk penggunaan gas air mata,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.