Dark/Light Mode

Berharap Bola Tangan Pantai Masuk PON

PP ABTI Gelar Kejurnas Bola Tangan Indoor Di UNJ

Selasa, 6 Desember 2022 21:45 WIB
Ketua Umum PP ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar (tengah) saat membuka acara Kejurnas. (Foto : ist)
Ketua Umum PP ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar (tengah) saat membuka acara Kejurnas. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PP ABTI) menggelar kejuaraan nasional bola tangan indoor di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 6-11 Desember 2022.

Menurut Ketua Umum PP ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar kejurnas merupakan bagian dari proses pembinaan atlet secara berjenjang menuju prestasi tertinggi dari PON hingga Olimpiade. 

"Kejurnas bola tangan indoor dan bola tangan pasir merupakan satu kesatuan program pembinaan atlet nasional. Semua itu harus seiring dalam meningkatkan prestasi pemain menuju PON, SEA Games, Asian Games hingga ke Olimpiade, " tegas Zulfydar saat secara resmi membuka di GOR UNJ, Selasa (6/12) sore.

Ratusan atlet putra dan putri dari 12 Provinsi dari seluruh Indonesia ambil bagian pada kejuaraan yang juga menjadi seleksi nasional berbagai event internasional.

Baca juga : Resmi Dibuka, 13 Provinsi Ikuti Kejurnas Bola Tangan Di Rawamangun

"Selain melalui talennt scouting kami akan menyeleksi atlet melalui Kejurnas. Jadi ini kesempatan para atlet untuk menunjukkan kemampuan mereka," kata Zulfydar.     

Dengan antusiasme ratusan atlet yang ikut serta, Zulfydar menegaskan sudah saatnya KONI Pusat mencantumkan bola tangan secara resmi pada gelaran PON XXI yang digelar di Aceh - Sumut tahun 2024.

"Sudah saatnya KONI Pusat mengambil keputusan. Para atlet dari seluruh Indonesia sangat antusias," katanya.

Sebagai cabang yang dipertandingkan di multi event internasional dirinya juga siap membina para atletnya hingga menuju Olimpiade. Kendati Zulfydar merasakan cabang bola tangan belum "populer" di Indonesia. 

Baca juga : Di Bali Pagi Ini, Biden Gelar Pertemuan Darurat Dengan Pemimpin G7 Dan NATO

"Hal itu merupakan tantangan bagi PP ABTI untuk menyemarakkan pembinaan bola tangan diseluruh Tanah Air, dengan catatan perlu adanya campur tangan pemerintah apalagi dipertandingkan di PON XXI khususnya bola tangan pantai yang dipertandingkan di Lapangan Pasir, " tegas Zulfydar lagi. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Abdul Sukur menyatakan, siap memfasilitasi pembinaan atlet bola tangan hingga mencapai prestasi dunia. 

"UNJ bukan saja memiliki GOR bertaraf internasional, namun fasilitas pembinaan atlet yang menggunakan IPTEK atau sport science lengkap di FIK UNJ. Begitu juga dengan GOR yang berdiri megah juga dilengkapi dengan sport science, " tegas Abdul Sukur.

Menurutnya, cabang bola tangan yang dipertandingkan di Olimpiade memerlukan penempaan atlet yang berprestasi handal.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumsel Gelar Doa Untuk Negeri

Semua itu dapat dilakukan di kawasan FIK UNJ, dengan berbagai fasilitas yang ada. Bahkan bila perlu tahun depan GOR UNJ siap dijadikan sebagai tempat kejuaraan bola tangan internasional. 

Pada kesempatan terpisah Ketua Pengprov ABTI DKI Jakarta, Syaiful Bahri bersyukur, peserta Kejurnas Bola tangan Indoor tidak jauh berbeda dengan pasir yang berakhir Senin (5/12/2022) kemarin. 

Tim yang tampil dalam pertandingan semakin solid datang dari Banten, Jawa Barat, Tawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau (Kepri), Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan DKI Jakarta sebagai tuan rumah.

"Para pemain tampil di nomor spesialisnya, sedang di pasir persiapan tampil terlalu minim waktunya menuju Kejurnas, " tambah Siaful yang dikenal dengan panggilan Achoy itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.