Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

Ramos Hattrick, Ini Statistik Duel Portugal Vs Swiss

Rabu, 7 Desember 2022 06:30 WIB
Goncalo Ramos mencetak tiga gol. (Foto : Skysport)
Goncalo Ramos mencetak tiga gol. (Foto : Skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Portugal menyegel tiket perempat final Piala Dunia 2022 setelah menggasak Swiss 6-1 dalam pertandingan babak 16 besar di Lusail Stadium, Lusail, Rabu (7/12) dini hari WIB.

Goncalo Ramos memborong tiga gol dalam pertandingan ini, dengan tiga lainnya masing-masing dicetak oleh Pepe, Raphael Guerreiro dan Rafael Leao. Sementara itu gol hiburan Swiss dicetak oleh Manuel Akanji di babak kedua.

Kemenangan ini melengkapi 8 tim yang lolos ke perempat final. Portugal akan menghadapi Maroko di perempat final Piala Dunia yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (10/12) malam WIB

Skysport mencatat beberapa fakta usai duel Portugal vs Swiss

Baca juga : Ronaldo Mandul, Portugal Pesta Gol Lawan Swiss

Portugal mencapai perempat final Piala Dunia untuk ketiga kalinya, setelah 2006 dan 1966, mengakhiri lima pertandingan sistem gugur berturut-turut di turnamen tanpa kemenangan (S1 K4).

Swiss gagal maju di semua lima pertandingan Piala Dunia mereka di babak 16 besar, kebobolan enam gol dalam pertandingan babak sistem gugur di turnamen untuk kedua kalinya, setelah kalah 7-5 dari Austria di perempat final pada tahun 1954.

Ini adalah kemenangan terbesar Portugal di babak gugur Piala Dunia, mencetak enam gol di luar babak grup untuk pertama kalinya.

Pada usia 21 tahun dan 169 hari, Goncalo Ramos menjadi pencetak gol termuda kedua Portugal dalam sejarah Piala Dunia setelah Cristiano Ronaldo (21 tahun 132 hari pada Juni 2006).

Baca juga : Sudah Latihan 1.000 Kali Penalti Tetap Tersingkir, Busquest: Ini Sangat Kejam

Sementara Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick di Piala Dunia pertamanya sebagai starter sejak Miroslav Klo pada tahun 2002.

Gonçalo Ramos dari Portugal (21 tahun) menjadi pemain termuda yang mencetak hat-trick Piala Dunia sejak Flórián Albert (20 tahun) untuk Hungaria pada tahun 1962.

Bruno Fernandes terlibat langsung dalam lima gol dalam tiga pertandingan di Piala Dunia 2022 (dua gol dan tiga assist); terbanyak oleh pemain Portugal dalam satu edisi turnamen sejak 1966 (10 Eusébio & 6 José Torres).

Pada usia 39 tahun dan 289 hari, Pepe telah menjadi pencetak gol tertua kedua dalam sejarah Piala Dunia, setelah Roger Milla (42 hari 39 hari) untuk Kamerun pada tahun 1994, dan yang tertua yang pernah mencetak gol di babak sistem gugur dalam kompetisi tersebut.

Baca juga : Van Gaal Ngarep Jadi Pelatih Timnas Belgia

Cristiano Ronaldo tidak masuk starting XI Portugal untuk pertandingan di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak 2008 (juga melawan Swiss), mengakhiri rentetan 31 pertandingan di mana ia menjadi starter di turnamen besar untuk negaranya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.