Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

Top Skor Prancis, Giroud: Saya Ingin Jadi Teladan

Kamis, 8 Desember 2022 05:32 WIB
Striker Prancis Olivier Giroud. (Foto : ist)
Striker Prancis Olivier Giroud. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi panggung buat striker Prancis Olivier Giroud. Ia sukses mencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas berjulukan Ayam Jantan.

Ia mengatakan, ingin memperlihatkan kepada para pemain muda bahwa dibutuhkan kegigihan untuk meraih sukses.

Penyerang berusia 36 tahun itu mencetak golnya yang ke-52 untuk Timnas Prancis saat Les Bleus menang 3-1 atas Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Minggu (4/12), untuk menggusur posisi Thiery Henry sebagai pencetak gol terbanyak di tim Ayam Jantan.

Baca juga : Siap Bungkam Brazil, Kroasia BukanTim Kaleng-kaleng

Pemain yang gagal mencetak gol di Piala Dunia 2018, saat Prancis sukses menjadi juara, Giroud meraih sukses di timnas meski baru melakukan debut internasionalnya di usia 25 tahun.

Hal itu berkebalikan dengan duetnya di Timnas Prancis, Kylian Mbappe, yang saat ini berusia 23 tahun. Pasalnya, di usia yang sama, Giroud masih bermain di Ligue 2. “Saya memiliki banyak kenangan bersama Timnas, ada yang manis dan ada juga yang buruk,” ujar Giroud kepada wartawan di Doha, Selasa (6/12).

“Saya tidak bermain di level tertinggi saat berusia 20 tahun. Jadi, saya bisa menjadi teladan bagi mereka yang memiliki karier tidak biasa seperti saya,” katanya.

Baca juga : Thalia Sukses Tukar Perunggu Jadi Emas

“Saya membuktikan bahwa, dalam hidup, Anda harus sabar dan bekerja keras. Anda tidak bisa mendapatkan semuanya sekaligus, seperti yang diinginkan anak muda zaman sekarang,” katanya.

Di Piala Dunia 2022, Giroud diuntungkan oleh absennya Karim Benzema karena cedera menjelang turnamen itu. Dia kini telah mencetak tiga gol saat membawa Prancis mencapai babak perempat final.

Prancis kini akan bertemu dengan Inggris di babak perempat final di Stadion Al Bayt, Sabtu (10/12). Giroud memiliki pengalaman dengan sepak bola Inggris setelah menghabiskan sembilan musim bersama Arsenal kemudian Chelsea.

Baca juga : Saka Ingin Jadi Diri Sendiri

Giroud pun sudah mengenal mayoritas pemain Timnas Inggris termasuk Harry Kane, striker yang memiliki banyak kemiripan dengan dirinya.

“Dia adalah pemain besar, kuat, dan berkualitas di udara. Dia juga bisa mencetak gol saat peluang minim. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, dia mulai bermain lebih ke dalam dan lebih terlibat dalam permainan,” ungkap Giroud mengenai Kane. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.