Dark/Light Mode

Hadapi Pra PON 2023, KONI DKI Mulai Lakukan Seleksi Atlet

Kamis, 8 Desember 2022 11:09 WIB
Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid didampingi Sekretaris Umum, Aminnullah (kanan) dan Wakil Ketua Umum III, Fatchul Anas (kiri) memberikan keterangan persiapan seleksi atlet pra PON pada tahun 2023 di acara Press Gathering media dengan tema Refleksi Kegiatan KONI DKI Jakarta Tahun 2022 di Lantai 4, Gedung KONI DKI Jakarta, Rabu (7/12).
Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid didampingi Sekretaris Umum, Aminnullah (kanan) dan Wakil Ketua Umum III, Fatchul Anas (kiri) memberikan keterangan persiapan seleksi atlet pra PON pada tahun 2023 di acara Press Gathering media dengan tema Refleksi Kegiatan KONI DKI Jakarta Tahun 2022 di Lantai 4, Gedung KONI DKI Jakarta, Rabu (7/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi DKI Jakarta, akan melakukan seleksi atlet yang akan ditampilkan dalam menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON)  pada tahun 2023.

Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid di acara Press Gathering media dengan tema Refleksi Kegiatan KONI DKI Jakarta Tahun 2022 di Lantai 4, Gedung KONI DKI Jakarta, Rabu (7/12). 

“Tahun ini ada sekitar  2000 atlet yang kita gembleng atau istilahnya kita tune up dulu agar performa atlet bisa tampil lebih sehat dan meraih juara umum. Langkah ini dilakukan untuk menyaring atlet yang akan ikut dalam pra PON pada 2023 nanti,” ujar Hidayat. 

Dikatakan Hidayat, KONI DKI berkomitmen melakukan pembinaan atlet untuk hadapi PON XXI Aceh dan Sumatera Utara pada 2024. Pembinaan atlet dilakukan agar Jakarta, menjadi barometer olahraga nasional dan mengantarkan atlet DKI Menuju Pentas Dunia' sebagai misi KONI DKI Jakarta ke depan.

“Pembinaan atlet secara berkala terus dilakukan agar prestasi tidak stag. Karena untuk mengantarkan atlet menuju pentas dunia harus punya pondasi kuat dalam hal pembinaan," tegasnya. 

Baca juga : Realisasi Program 2022 Maksimal, Kemendes PDTT Tuai Pujian DPR

Untuk menghasilkan prestasi gemilang, Hidayat menyatakan, KONI DKI Jakarta juga sudah melakukan pembenahan organisasi.

"Pembenahan organisasi menjadi hal penting. Karena, organisasi yang baik dipastikan akan menghasilkan atlet yang berkualitas," ujar Hidayat.

Pelatda dan Tenaga Kesehatan 
 
Untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI, Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) sudah melakukan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) serta menggelar tes fisik atlet lapis 1 dan lapis 2 di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur.

Setelah tes fisik, digelar Perjanjian Kerja Sama (PKS) kepada para atlet oleh Bidang Hukum. Selain atlet, PKS juga dilakukan kepada para pelatih, asisten pelatih (aspel) serta pelatih fisik. 

Untuk memperkuat Pelatda, Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) merekrut tenaga ahli kesehatan dan fasilitas pelayanan Kesehatan kepada atlet DKI Jakarta.

Baca juga : Bicara Di IOG 2022, Sri Mul: Benahi Tantangan Industri Hulu Migas

Tenaga ahli juga diperkuat dengan para psikologi serta tim dokter yang siap siaga melakukan pelayanan kepada para atlet ketika mengalami cidera atau gangguan psikolog.

Sedangkan Bidang Monitoring Dan Evaluasi (Monev) secara berkala juga melakukan pemantauan berjalannya pelatda diseluruh cabang olahraga (cabor). 

Selain itu, Bidang Antar Lembaga terus melakukan kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, dalam hal ini Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

KONI DKI Jakarta juga mempunyai komitmen dalam hal kesejahteraan para pelaku olahraga, khususnya atlet dan pelatih. Bidang Usaha dan Dana serta Bidang Kemitraan sudah menggagas koperasi kesejahteraan atlet. 

KONI DKI Jakarta secara transparan dan terukur Bidang Perencanaan Anggaran (Rena) dan Keuangan melakukan meping dalam penggunaan dana hibah yang bersumber dari Pemprov DKI Jakarta. 

Baca juga : Hidayat Optimis Karate DKI Raih Emas Di Kejuaraan WKF Serie A

Sementara Bidang Humas dan IT secara konsisten menggelar dialog interaktif tentang perkembangan olahraga di Jakarta. Humas dan IT juga terus berkolaborasi dengan cabor-cabor dalam hal publikasi kegiatan olahraga. 

Di bawah kepemimpinan Hidayat Humaid, KONI DKI Jakarta lebih dinamis dan multifungsi dalam hal memenuhi kebutuhan perkembangan olahraga  menuju pentas dunia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.