Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gantikan Luis Enrique

Fuente Ingin Adopsi Gaya Main Maroko

Rabu, 14 Desember 2022 07:00 WIB
Luis de la Fuente. (Foto: AA Photo).
Luis de la Fuente. (Foto: AA Photo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih anyar Timnas Spanyol, Luis de la Fuente berencana mengadopsi gaya permainan Timnas Maroko untuk timnya. Dia menilai taktik permainan cepat yang diperlihatkan skuad asuhan Walid Regragui di Piala Dunia 2022 adalah yang terbaik, sehingga wajar tembus semifinal dan wajar untuk ditiru.

Taktik Singa Atlas-- julukan Timnas Maroko-- itu bahkan telah terbukti ampuh lantaran mampu menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti di 16 besar.

Padahal, saat itu Spanyol unggul telak dari segi penguasaan bola. Namun, satu gol pun tidak bisa dicetak La Furia Roja, julukan Timnas Spanyol.

Baca juga : Tuchel Atau Pochettino Bakal Gantikan Southgate?

Fuente sebenarnya tidak berencana mengubah filosofi bermain Spanyol yang sudah ada. Hanya saja, ia ingin permainan Spanyol lebih efektif.

“Kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2022 sebetulnya dapat menjadi pondasi awal untuk perbaikan. Saya akan coba mengadopsi gaya permainan tim-tim seperti Jerman, Prancis, dan Maroko saat tampil di Qatar, untuk tim saya nanti,” kata Fuente seperti dilansir kemarin.

Dia mengungkapkan, walau nantinya akan tampak seperti ingin menyerang cepat, gaya permainan timnya juga akan mengadopsi permainan Spanyol. Yakni, mendominasi jalan pertandingan yang selama ini diterapkan Luis Enrique.

Baca juga : Duel Ini Sudah Diramal Mbappe

“Kami ingin lebih baik daripada rival-rival kami. Jadi saya suka untuk mendominasi permainan dengan pemain-pemain bagus,” katanya.

“Saya juga suka sebuah tim dengan karakteristik pemain yang berbeda-beda. Kami sendiri punya pemain-pemain yang diperlukan untuk mengimplementasikan taktik itu,” lanjut dia.

Seperti diketahui, Fuente resmi ditunjuk jadi pelatih Timnas senior Spanyol setelah La Furia Roja tersingkir dari Piala Dunia 2022. Ia menggantikan posisi Enrique.

Baca juga : Unggulan Melawan Keajaiban

Fuente sebelumnya adalah pelatih Timnas Spanyol U21. Dia sudah hapal dengan filosofi sepak bola nasional.

Hanya saja, Fuente baru akan mendapatkan kesempatan untuk mengetes taktikalnya pada Maret 2023 saat melawan Norwegia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.