Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Isu Pergantian Pelatih Timnas Inggris

Tuchel Atau Pochettino Bakal Gantikan Southgate?

Rabu, 14 Desember 2022 07:00 WIB
Mauricio Pochettino. (Foto: Net).
Mauricio Pochettino. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate kabarnya akan dipecat dalam waktu dekat. Isu santernya, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) tengah mengincar Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino.

Pelatih Gareth Southgate kabarnya dalam waktu dekat akan dipecat. Kabar ini mencuat setelah Southgate gagal membawa The Three Lions--julukan Timnas Inggris--gagal di Piala Dunia 2022.

Kegagalan itu terjadi setelah Inggris kalah 1-2 saat menghadapi Prancis di babak perempat final akhir pekan lalu. Ini sekaligus kegagalan ketiga Southgate bersama Inggris di turnamen mayor sejak jadi pembesut 2016 lalu.

Kegagalan pertamanya adalah ketika di Piala Dunia 2018. Dia hanya mampu mengantarkan Inggris jadi semifinalis, menjadi finalis di Piala Eropa 2020 dan delapan besar Piala Dunia 2022.

Baca juga : Duel Ini Sudah Diramal Mbappe

Para pemain Inggris sejatinya masih menginginkan Gareth Southgate bertahan di posisinya. Tapi, disisi lain, tidak sedikit pihak menganggap pelatih 52 tahun itu gagal dan memintanya mundur.

Federasi Sepak bola Inggris disebut-sebut mendukung Southgate bertahan di tim nasional. FA rencananya akan membahas masa depan sang pelatih pada minggu mendatang.

Tapi, berdasarkan laporan Daily Mail, kemarin, FA punya opsi lain apabila Southgate memutuskan mundur dari jabatannya.

FA akan membuka kesempatan pelatih dari luar Inggris untuk membesut Harry Maguire dan kawan-kawan.

Baca juga : Fuente Ingin Adopsi Gaya Main Maroko

FA berkaca dari kesuksesan Timnas Putri Inggris yang meraih kejayaan bersama pelatih asal Belanda, Sarina Wiegman.

The Lionesses berhasil menyabet titel Piala Eropa Putri 2022, gelar senior pertama Inggris sejak tim putra merengkuh trofi Piala Dunia 1966.

Dua nama pelatih asing yang menjadi bidikan FA yakni Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino. Keduanya sudah kenyang pengalaman di Premier League dan sama-sama menganggur saat ini.

Timnas Inggris sepanjang sejarahnya baru dua kali menggunakan jasa pelatih asing.

Baca juga : Unggulan Melawan Keajaiban

Sven-Goran Eriksson (Swedia) dan Fabio Capello (Italia). Keduanya pernah menangani Tim Inggris tapi tak meraih satu pun gelar juara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.