Dark/Light Mode

Jelajah Sport Gelar Balap Sepeda Berlesensi UCI Di Minangkabau

Selasa, 20 Desember 2022 09:51 WIB
Balap sepeda berlesensi UCI. (Foto: Jelajah Sport)
Balap sepeda berlesensi UCI. (Foto: Jelajah Sport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelajah Sport resmi meluncurkan penyelenggaraan Jelajah Cycling Series Minang 2023. Kegiatan ini menandakan mulai dibukanya pendaftaran peserta lomba balap sepeda yang akan dilakukan pada 4 Maret 2023 di Sumatera Barat.

Jelajah Cycling Series Minang 2023 merupakan event Gran Fondo yang mendapatkan lisensi dari Union Cycliste Internationale (UCI), induk organisasi sepeda di seluruh dunia. Itu sebabnya, event ini memiliki nama resmi UCI Gran Fondo-Jelajah Cycling Series Minang 2023. Sejauh ini tidak banyak event lomba balap sepeda yang melibatkan komunitas memiliki lisensi UCI.

Baca juga : Belajar Dari Pengalaman Suksesi Utsman Bin Affan (2)

Lomba balap sepeda dalam UCI Gran Fondo-Jelajah Cycling Series Minang 2023 terbagi dalam 8 kategori. Yaitu Men Elit 19 tahun ke atas, Junior 17 tahun (17-18 tahun), Open (19-29 tahun), Master A (30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), Master C (50-59 tahun), Women Elite (19 tahun) dan Women Master (30 tahun ke atas). Setiap kategori mendapatkan 10 pemenang. Total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp 502,5 juta.

Total jarak yang ditempu sejauh 112 kilometer. Start dilakukan di Kota Padang, dan finish di Istana Pagaruyung. Lomba tanjakan dilakukan di Sitinjau Louik, dan lomba spint atau kecepatan dilakukan di tepi Danau Singkarak. Lomba balap sepeda ini mengikuti standar yang ditententukan UCI.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Dzikir Dan Doa Bersama Di Kabupaten Banyuwangi

Biaya pendaftaran sebesar Rp 1.750.000. "Dengan biaya sebesar itu, peserta akan mendapatkan jersey terbaik, cap, medali, asuransi, dan refreshment yang sangat baik selama perjalanan," kata Co Founder Jelajah Sport, Pipin Purnawan, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (20/12).

Pipin menjelaskan alasan balapan ini dilakukan di Minangkabau. Sebab, Sumatera Barat termasuk wilayah yang sudah sangat ramah terhadap kegiatan balap sepeda bertaraf Internasional. "Di sana, selama bertahun-tahun terselenggara Tour de Singkarak," imbuhnya.

Baca juga : Ngeri, Limbah Plastik Terbanyak Sedunia Tumplek Di Asia Tenggara

Dia melanjutkan, Jelajah Cycling Series Minang hadir tahun 2023 ingin menjaga api semangat masyarakat Minangkabau terhadap aktivitas bersepeda tersebut. Kehadiran para peserta dan pendukung di wilayah itu tentu akan terjadi pergerakan ekonomi baik melalui penyelenggaraan event maupun belanja yang dilakukan peserta dan panitia. Hal ini otomatis membantu Pemerintah menghidupkan sektor pariwisata dan ekonomi nasional.

Pipin mengatakan, Jelajah Cycling Series diadakan untuk menciptakan wadah perlombaan yang baik sehingga dapat menciptakan pembinaan untuk atlet sepeda Indonesia. "Sekaligus mengenalkan keragaman Indonesia, sesuai dengan nama kami, Jelajah," ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.