Dark/Light Mode

Piala AFF U-18

Libas Timor Leste, Garuda Muda Puncaki Grup A

Kamis, 8 Agustus 2019 20:26 WIB
TImnas Indonesia memetik kemenangan 4-0 atas Timor Leste di Piala AFF U-18 2019. (Foto: Dok PSSI)
TImnas Indonesia memetik kemenangan 4-0 atas Timor Leste di Piala AFF U-18 2019. (Foto: Dok PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia melibas Timor Leste 4-0 dalam lanjutan pertandingan grup A Piala AFF U18 di Stadion Bung Duong, Hanoi, Vietnam pada Kamis (8/8) sore.

 Atas kemenangan telak  ini, Indonesia mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup A dengan 6 poin dan surplus gol 10.  Sementara Timor Leste tergusur ke posisi 3. Indonesia berada di Grup A bersama Timor Leste, Myanmar, Laos, Brunei, dan Filipina.

Empat gol kemenangan Garuda Nusantara masing-masing dicetak oleh David Maulana (9’), Salman Alfarid (42’), Beckham Putra (45’+ 2’), dan Sutan Zico (79’).

Sejak menit awal, Timnas Indonesia U-18 yang diarsiteki Fachry Husaini tampil agresif. Skuat Garuda Nusantara bahkan nyaris membobol gawang Timor Leste pada menit pertama. Namun bola sepakan yang dilepas Sutan Zico masih mampu ditepis Kiper Timor Leste Georgino Jose Da Silva.

Baca juga : Timnas Indonesia Vs Timor Leste Imbang 1 - 1

Indonesia yang terus melancarkan serangan akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit kesembilan. Adalah kapten David Maulana yang membuka keran gol Timnas Indonesia U-18. Tembakannya berhasil mengelabui kiper Da Silva yang salah mengantisipasi bola.

Tertinggal 0-1, Timor Leste balik tampil menekan. Serangan demi serangan yang coba dibangun pasukan Andy Susanto kerap mengancam barisan pertahanan Indonesia yang dikawal Amiruddin Bagas Kaffa dkk.

Tak ingin terus ditekan, pelatih Fachry lantas melakukan perubahan strategi. Ia menarik keluar Yudha Febrian untuk digantikan dengan Muhammad Salman pada menit ke-38. Hasilnya, selang empat menit kemudian, Salman berhasil menambah keunggulan Indonesia U-18.

Bola hasil sepakannya dari luar kotak penalti bersarang di pojok kiri gawang Timor Leste. Gol, Garuda Nusantara unggul 2-0. Menjelang akhir babak pertama, Indonesia U-18 kembali memperbesar keunggulan melalui eksekusi penalti Beckham Putra.

Baca juga : Piala AFF U-15, Timnas Indonesia Sikat Singapura 3-0

Bonus hadiah penalti itu didapat Merah Putih pada masa injury time usai pemain Timor Leste menjatuhkan Sutan Zico di dalam kotak penalti. Hingga wasit meniup peluit panjang, Indonesia tetap menang tiga gol tanpa balas.

Pada babak kedua, Timor Leste kembali menggencarkan sejumlah serangan. Sejumlah peluang pun mampu mereka ciptakan, namun gagal berbuah gol. Sebaliknya, Indonesia kembali menambah keunggulan lewat sontekan Sutan Zico pada menit ke-78.

Timor Leste pun harus bermain dengan 10 pemain setelah Salvador da Silva melakukan pelanggaran keras pada Supriadi. Ribut Biang keributan dalam pertandingan antara Indonesia melawan Timor Leste adalah Salvador V. Da Silva.

Dia sengaja menginjak paha Supriadi, saat pemain Indonesia itu sudah terkapar karena dilanggarnya. Kontan insiden pada pengujung pertandingan babak kedua itu memancing keributan. Para pemain kedua negara terlibat friksi.

Baca juga : Jelang Piala AFF U-18, Fakhri Panggil 26 Pemain

Sampai-sampai ofisial Indonesia dan Timor Leste masuk ke lapangan untuk melerai. Wasit dari Thailand Wiwat Jumpaoon setelah keributan reda, langsung memberi kartu merah kepada Salvador V. Da Silva.

Kartu merah itu melengkapi kekalahan Timor Leste 0-4 dari Indonesia. Secara permainan Indonesia memang unggul segala-galanya atas Timor Leste. Para pemain Timor Leste dipaksa terus berlari untuk mengejar bola.

Penguasaan bola secara mutlak didominasi Indonesia. Tidak heran bila 4 gol berhasil dijaringkan Indonesia ke gawang Timor Leste.

Seusai pertandingan pelatih timnas Fachri Husaini mengaku bersyukur timnya bisa meraih kemenangan. "Syukur Alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan. Ini poin tiga kedua bagi kami. Itu diraih juga tidak mudah. Penuh perjuangan diatas lapangan. Untuk itu saya mengapresiasi usaha dan kerja keras mereka," ujarnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.