Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bakal Calon Bos PSSI Diberi Waktu 2 Hari Lengkapi Persyaratan

Kamis, 19 Januari 2023 20:23 WIB
Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhannudin.dan tim. (Foto : PSSI)
Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhannudin.dan tim. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga Kamis (19/1) masih ada bakal calon waketum PSSI dan bakal calon komite eksekutif yang belum melengkap syarat pencalonan.

Komite Pemilihan PSSI memberikan kesempatan dua hari bakal calon periode 2023- 2027 untuk melengkapi kekurangan dokumen sampai 21 Januari lusa.

Nantinya, semua dokumen dilakukan verifikasi sampai tahap pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) pada 31 Januari mendatang.

Komite Pemilihan resmi menyampaikan terdapat satu bakal calon kandidat waketum serta 13 anggota exco yang diberikan waktu sampai 21 Januari lusa untuk melengkapi dokumennya.

Baca juga : KPK: Istri Dan Anak Tolak Lengkapi Berkas Perkara Lukas Enembe

“Sebagian besar kekurangan dokumen yang belum disampaikan meliputi kartu identitas diri, SKCK, surat keterangan tidak pernah di Pidana dari pengadilan,” ungkap Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhanudin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/1) 

Amir mengungkapkan setelah pemeriksaan kelengkapan dokumen pencalonan, terdapat 33 calon yang tidak perlu Komite Pemilihan untuk memberitahu kekurangan kelengkapan dokumennya. Dikarenakan bisa jadi yang bersangkutan dengan tegas tidak mencalonkan atau ada calon yang tidak mendapatkan satu pun dukungan.

Meski demikian, lanjut Amir, pihaknya optimis para bakal calon yang lolos memiliki dokumen syarat pencalonan dan dukungan akan serius melengkapinya.

“KP telah menyampaikan informasi secara resmi terkait kekurangan dokumen kepada para kandidat. Mohon untuk diperhatikan sekali lagi batas waktunya yakni tanggal 21 Januari di Kantor PSSI,” ujarnya.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling 19 Januari Hadir Di Bekasi Cyber Park

Amir sangat berharap dalam moment event demokrasi di organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia ini mendapatkan partisipasi yang besar baik secara kuantitas dan kualitas.

“Setelah verifikasi kelengkapan dokumen, dilanjutkan pada 21 sampai 31 Januari dilakukan pengecekan integritas oleh Komisi Disiplin PSSI. Semoga terkonfirmasi banyak para kandidat yang lolos agar Kongres Pemilihan makin dinamis dan berkualitas,” pungkas Amir.

-Daftar kelengkapan dan dokumen

*Bakal Calon Ketua Umum: 5 Lengkap

Baca juga : Relawan Puan Bersih-bersih Pantai Bareng Masyarakat Balikpapan

*Bakal Calon Wakil Ketua Umum: 15 lengkap, 1 masih kurang dokumen, 4 tidak perlu dikonfirmasi dan diberitahu tentang kelengkapan dokumen.

*Bakal Calon Komite Eksekutif: 41 lengkap, 13 minta konfirmasi dan kelengkapan dokumen, 29 tidak perlu dikonfirmasi dan diberitahu tentang kelengkapan dokumen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.