Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Badminton India Open 2023

Sikat China, Ginting Melaju Ke Semifinal

Sabtu, 21 Januari 2023 07:00 WIB
Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI).
Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting melaju ke semifinal Badminton India Open 2023 setelah sukses menggilas jagoan dari China, Li She Feng.

Bertanding di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, ke­marin, Ginting menyudahi wakil China dengan rubber game 21-11, 17-21, 21-18.

Di set pertama, Ginting lang­sung bermain nyaman sejak awal pertandingan.

Pebulutangkis tunggal putra peringkat tiga dunia ini hanya butuh penyesuaian dalam waktu singkat sebelum mampu mem­berikan tekanan kepada Li lewat strateginya yang matang.

Ginting bermain dengan sabar dan tak terburu-buru mematikan lawan. Sementara, Li sudah berada dalam kendali Ginting, kesulitan untuk mendulang poin akibat pola permainannya terlalu monoton dan mudah terbaca.

Baca juga : Jojo & Minions Gilas China

Pertemuan perdana ini nya­tanya memberi keuntungan untuk mengemas keunggulan. Li terlihat kesulitan dalam mem­baca strategi dan teknik yang disajikan Ginting.

Bahkan, strategi serupa mam­pu memberikan delapan poin beruntun sehingga berujung pada kemenangan Ginting.

Berulang kali pukulan menyi­lang dan trik tipuan Ginting tak bisa dihalau lawan. Keunggulan mampu dipertahankan sejak awal hingga akhir gim pertama dalam 18 menit.

Memasuki gim kedua, Ginting masih merasa nyaman dengan strategi sebelumnya. Ia pun bisa memimpin hingga 7-4 sebelum disusul Li yang merebut lima poin beruntun menjadi 7-9.

Ginting yang semula bermain tanpa kendala, mulai kesulitan mencari pola tepat karena la­wannya telah bermain lebih agresif dari sebelumnya.

Baca juga : Hansamu Sumringah Cetak Gol Di Kandang Macan Kemayoran

Li bermain pada zona depan untuk menghadang kok secara cepat. Hal itu membuat Ginting kurang siap untuk melakukan pengembalian, yang membuat Li dengan mudah memetik poin.

Li pun menang dengan skor 21-18.

Keunggulan kembali diamank­an pada gim ketiga. Kali ini, Ginting lebih berani bermain di zona depan untuk mengimbangi lawan yang bermain ngotot.

Pada posisi tersebut, Ginting masih mampu memberikan pengembalian tipuan yang menjadi andalan. Ia sanggup menggeser posisinya ke zona belakang terutama saat akan melesatkan smes.

Li yang sempat memimpin 6-10, berbalik tertinggal berkat perolehan tujuh poin berturut-turut yang dipetik Ginting.

Baca juga : Minionswati Ke Semifinal

Keunggulan mampu dijaga meski masih dibayangi Li yang terus mengejar perolehan poin. Akhirnya Ginting menutup pertandingan lewat smes ganda yang menyudahi perlawanan Li setelah berlaga selama 65 menit.

Dengan kemenangan itu, Ginting menjadi wakil Indonesia pertama mengamankan tiket semifinal pada turnamen berkat­egori BWF Super 750 itu.

Hingga berita ini diturunkan, masih ada tiga wakil Indonesia yang berjuang untuk meraih tiket ke semifinal. Yakni tung­gal putra, Jonatan Christie dan dua ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ser­ta Kevin Sanjaya Sukamuljo/Markus Fernaldi Gideon. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.