Dark/Light Mode

Jelang Final Piala Dunia 2022

Tim Ayam Jantan Digangu Flu Unta

Sabtu, 17 Desember 2022 07:00 WIB
Didier Deschamps. (Foto: Getty Images).
Didier Deschamps. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Prancis mendapat kabar buruk jelang partai puncak melawan Argentina besok malam. Anggota Tim Ayam Jantan terkena serangan flu unta.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps mengatakan tiga pemainnya mengalami ganguan kesehatan yang diduga flu unta. Ketiganya adalah Kingsley Coman, Dayot Upamecano dan Adrien Rabiot.

“Coman demam pagi ini. Kami memiliki beberapa kasus gejala mirip flu. Kami berusaha untuk berhati-hati agar tidak menyebar. Para pemain telah berusaha keras di lapangan dan jelas sistem kekebalan tubuh mereka telah menurun,” tutur Didier Deschamps, di DailyMail.

Final Piala Dunia 2022 menyisakan Timnas Argentina dan Prancis yang akan berhadapan pada Minggu (18/12).

Namun, performa Prancis terancam menurun karena beberapa pemainnya diyakini terserang flu unta atau Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Baca juga : Enrique Ingin Coret 1 Pemain Matador

Sebelumnya, para ahli medis telah memperingatkan risiko penyebaran penyakit menular kepada mereka yang datang ke Qatar untuk menonton Piala Dunia, termasuk flu unta dan Covid-19.

Risiko tersebut kian meningkat mengingat kesadaran masyarakat untuk mendisiplinkan protokol kesehatan tidak berjalan dengan konsisten.

Flu unta pertama kali dilaporkan di Arab Saudi pada 2012, dan sejak itu menyebar ke beberapa Negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Virusnya masih satu rumpun dengan Coronavirus (CoV), yaitu keluarga virus yang sama yang dapat menyebabkan flu biasa.

Sebagian besar kasus disebabkan oleh wisatawan yang berkunjung dari Negara-Negara Timur Tengah. National Health Service (NHS) menulis, MERS bisa menyebar antara hewan dan manusia.

Baca juga : Puji Messi, Ledek CR7

Oleh karenanya, ahli medis menyarankan kepada masyarakat untuk menghindari konsumsi daging unta yang tidak matang, tidak meminum susu unta secara mentah, serta jauhkan diri dari kotoran dan urine unta.

MERS juga dapat ditularkan dari orang ke orang melalui droplet. Namun sepertinya tidak terlalu menular, kecuali mereka berhubungan dekat.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang meningkatkan risiko seseorang terjaring virus MERS. Berikut beberapa di antaranya; diabetes, kanker, penyakit paru-paru dan jantung kronis, gangguan ginjal berat, pengidap imun lemah, seperti kelompok lanjut usia (lansia).

Menurut laporan Fox Sport, sebelum pertandingan semifinal melawan Maroko belum lama ini, gelandang Prancis Adrien Rabiot dan bek Dayot Upamecano terserang penyakit, meskipun Upamecano cepat kembali pulih sehingga bisa mengisi tempat di bangku cadangan.

Ada sejumlah teori yang berusaha menjelaskan bagaimana kedua pemain itu jatuh sakit. Ada yang mengklaim staf Prancis menyalahkan para pemain Inggris karena menyebarkan virus.

Baca juga : La Pulga Dikelilingi ‘Singa’

Sementara teori lain menuding AC atau Air Conditioner yang terus-terusan menyala sebagai alasan utama. Saat biang kerok penyakit tersebut belum diketahui secara pasti, Deschamps mengumumkan Kingsley Coman juga jatuh sakit.

“Di Doha, suhunya turun sedikit dan Anda masih menyalakan AC sepanjang waktu. Kami memiliki beberapa kasus gejala mirip flu,” lanjut Dechamps. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.