Dark/Light Mode

Erick Thohir Dan Zainuddin Amali Lolos Verifikasi, Football Institute Apresiasi Komite Pemilihan PSSI

Kamis, 2 Februari 2023 17:23 WIB
Erick Thohir dan Zainudin Amali. (Foto: Ist)
Erick Thohir dan Zainudin Amali. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Football Institute mengapresiasi kinerja Komite Pemilihan PSSI yang telah bekerja secara profesional seiring dinyatakannya nama-nama Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum beserta calon Komite Eksekutif (Exco) yang lolos verifikasi untuk mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023 mendatang.

Sebelumnya, dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri BUMN Erick Thohir dan Menpora Zainuddin Amali yang mendaftar sebagai Ketum dan Wakil Ketum PSSI diragukan akan lolos verifikasi.

Alasannya, kedua nama tersebut terhambat dalam proses verifikasi dokumen yang menyatakan belum berkecimpung di sepakbola nasional selama lima tahun.

Baca juga : Erick Thohir Dinilai Sebagai Sosok Cawapres Pemersatu Koalisi Parpol

Founder Football Institute Budi Setiawan mengatakan aturan itu tidak lagi relevan mengingat Erick Thohir dan Zainuddin Amali sudah melampaui persyaratan formal statuta PSSI.

"Peran nyata Erick dalam membangun sepakbola Indonesia dan menyelamatkan sepakbola Indonesia melalui lobby ke Presiden FIFA tak terbantahkan. Sementara peran (Zainuddin) Amali selama masa covid mampu menjalankan kembali kompetisi sepakbola tidak bisa diabaikan," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (2/2). 

Peran-peran tersebut sudah menunjukkan kepedulian, keterlibatan, kontribusi keduanya untuk sepakbola Indonesia. Sebelumnya, banyak yang meragukan bahwa Erick dan Amali sulit lolos verifikasi.

Baca juga : Gagasan Erick Thohir Jadikan Jepang Role Model Sepak Bola Indonesia Dipuji Akademisi

Namun akhirnya, Komite Pemilihan sudah melakukan verifikasi sesuai dengan kaidah-kaidah kode pemilihan dan statuta PSSI.

Untuk itu, Budi Setiawan mengapresiasi Komite Pemilihan yang telah bekerja secara profesional berdasarkan aturan akan tetapi juga kepekaan sosial serta logika sepakbola yang universal.

Terakhir Budi menyampaikan selamat berkompetisi untuk Erick dan Amali dalam KLB mendatang. KLB merupakan event penting tidak hanya bagi PSSI tapi juga untuk nasib sepakbola nasional di masa mendatang.

Baca juga : Erick Thohir Makin Dilirik Jadi Cawapres, Meski Tanpa Bekingan Politik

"Selamat kepada Pak Erick Thohir dan Pak Zainuddin Amali yang telah dinyatakan lolos sebagai calon ketua umum dan wakil ketua umum PSSI, semoga mampu membawa perbaikan," tutup Budi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.