Dark/Light Mode

Soal Timnas TC Ke Eropa, Teco Belain STY

Minggu, 12 Februari 2023 10:24 WIB
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco. (Foto : LIB)
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco. (Foto : LIB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco mendukung langkah pelatih Shin Tae-yong untuk mempersiapkan Timnas U-20 menuju Piala Dunia U-20 2023. Menurut Teco, Piala Dunia U-20 sangat penting bagi Indonesia.

Diketahui, keputusan Shin Tae-yong untuk menggelar pemusatan latihan ( TC) jangka panjang banyak mendapat kritikan. Salah satunya dari Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

Menurut Doll, TC jangka panjang ini tidak akan pernah menjadi opsi di Eropa. Justru, dengan tampil di kompetisi level senior termasuk Liga I, para pemain seperti Muhammad Ferrari dapat tempaan.

Baca juga : DPR Terima Audiensi Konsumen Meikarta, Dasco: Kami Bela

Hal sama turut disuarakan Persebaya Surabaya. Tim Bajul Ijo ini berharap, Marsellino Ferdinan yang kini bergabung dengan klub Belgia, KMSK Deinze tidak disibukkan dengan TC jangka panjang bersama Timnas Indonesia U-20

. Dengan kondisi ini, Timnas U-20 agak sedikit terganggu. Shin Tae-yong belum mendapatkan skuad lengkap pada TC di Jakarta ini.

Terkait polemik itu, Teco buka suara. Pelatih Bali United asal Brazil ini menyebut, selama berkarir sebagai pelatih di Indonesia, program jangka panjang bersama Timnas Indonesia sudah biasa terjadi.

Baca juga : Dapat Warna Baru, New Honda BeAT Makin Trendi

“Saya sudah lama kerja di Indonesia. Soal TC yang lama, bukan hanya di era Shin Tae yong saja.”

“Sebelum ini, di saat Luis Milla tangani Timnas Indonesia, dia juga punya TC lama. Setelah Milla, ada pelatih lain (Simon McManemy) pakai TC lama juga. Di Indonesia itu bukan cara baru, ini sudah lumayan lama,” ujar eks pelatih Persija ini.

Teco memahami, jika Timnas Indonesia untuk memutuskan TC jangka panjang. Bagi negara-negara yang langganan Piala Dunia, ajang level U-20 ini bukan jadi prioritas. Tapi, bagi Indonesia, yang masih sulit bersaing di level Asia, Piala Dunia U-20 merupakan ajang yang sangat prestisius.

Baca juga : Tes Kebugaran, The Baby Alien Makin Ok

“Mereka harus ngerti bahwa tidak setiap tahun Indonesia bisa main di Piala Dunia. Saya pikir Shin Tae-yong harus sangat serius untuk mempersiapkan tim. Pasalnya, semua pecinta sepak bola Indonesia akan menonton timnya main di Piala Dunia U-20, “ papar Teco.

Diketahui, saat ini, ada 22 pemain yang gabung di TC Timnas U-20. Persib Bandung dan Persija sama-sama belum melepas semua pemainnya.

Delapan pemain belum bergabung ke TC. Yakni Kakang Rudianto, Ferdiansyah (Persib. Mugammad Ferrari, Alfriyanto Nico, Ginanjar Wahyu dan Cahya Supriyadi (Persija). Marcellino Ferdinan (Belgia), Ronaldo Kwateh (Turki). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.