Dark/Light Mode

Menpora Kukuhkan Presidium Suporter Indonesia

Kamis, 23 Februari 2023 06:55 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Presidium suporter Indonesia. (Foto :Ist)
Menpora Zainudin Amali dan Presidium suporter Indonesia. (Foto :Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suporter menjadi bagian penting dalam sepakbila karena dianggap pemain ke-12. Itu sebabnya maju atau tidaknya sebuah tim tidak terlepas dari peran suporter.

Karena alasan itu pula, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan pengukuhan presidium nasional suporter sepakbola di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu (23/2).

“Suporter menjadi bagian dari persepakbolaan kita. Jadi kita ingin supaya bagaimana kita bersama-sama mengelola suporter ini agar kemudian aman dan selamat,” kata Menpora yang juga Wakil Ketua Umum PSSI itu.

Baca juga : Wakil Dubes Turki Apresiasi Bantuan Masyarakat Indonesia

Amali mengatakan wadah perjuangan suporter itu lahir dari sarasehan suporter. Kegiatan ini dalam rangka mengimplementasi UU No 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

Menpora menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, ada bunyi yang mengatur soal hak dan kewajiban suporter. Nantinya, presidium ini akan mengurus basis suporter di tanah air agar implementasi undang-undang tersebut dapat dilakukan.

"Jadi salah satu tugas mereka mensosialisasikan dan mendorong suporter yang di klub-klub membentuk organisasi. Itu karena perintah-perintah (Undang-undang), bahkan harus ada AD/ART dan lain sebagainya, itu perintah undang-undang. Jadi mereka menjalankan perintah undang-undang," tuturnya.

Baca juga : Mentan: Kenaikan Harga Beras Masih Terkendali

Menpora berharap, PN-SSI nantinya tak hanya dibentuk di tingkat pusat, tetapi akan terbentuk di daerah-daerah dan yang paling utama adalah di klub-klub baik Liga 1, Liga 2, Liga 3.

Sementara itu, Daeng Uki selaku Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia mengatakan bahwa tim ini terdiri dari beberapa elemen suporter di Tanah Air.

Daeng Uki dan PN-SSI berkomitmen untuk berkontribusi membuat suporter-suporter Indonesia lebih baik. Sehingga, kejadian-kejadian kelam terdahulu yang melibatkan suporter tak lagi terulang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.