Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Percasi Gelar Turnamen Catur Piala Ketua MPR

Sabtu, 11 Maret 2023 18:38 WIB
Turnamen Catur Terbuka Indonesia Master III Piala Ketua MPR RI Gedung Nusantara V, Komplek MPR RI, Jakarta pada Sabtu (11/3). (Foto : Ist)
Turnamen Catur Terbuka Indonesia Master III Piala Ketua MPR RI Gedung Nusantara V, Komplek MPR RI, Jakarta pada Sabtu (11/3). (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kembali mengasah atletnya untuk terus meraih prestasi. Kali ini, Percasi menggelar Turnamen Catur Terbuka Indonesia Master III Piala Ketua MPR RI di Gedung Nusantara V, Komplek MPR RI, Jakarta pada Sabtu (11/3).

Turnamen ini diikuti 450 pecatur dari seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp 87 juta. Ada 4 kelompok yang dipertandingkan yakni Grand Master, Master, Non Master dan Junior.

Beberapa grand master kebanggaan Indonesia, seperti Susanto Megaranto, Cerdas Barus, Medina Aulia, dan Yosep Taher ambil bagian dalam turnamen ini.

Baca juga : Garuda Nusantara Fokus Piala Dunia U-20

"Ini salah satu wahana menyelenggarakan pembinaan prestasi bagi pecatur Indonesia. Kita punya tanggung jawab mengembangkan prestasi catur secara luas demi mengaharumkan nama bangsa di kancah internasional," kata Laksamana Pertama Abdul Rivai, Kabid Organisasi PB Percasi saat pembukaan turnamen catur, Sabtu (11/3).

Menurut Rivai, Indonesia saat ini termasuk negara yang diperhitungkan oleh pecatur dunia. Itu dibuktikan saat Indonesia menjadi tuan rumah turnamen catur dunia yang menghadirkan 50 negera dan diikuti 470 pecatur kelas dunia.

"Indonesia itu sudah menjadi ikon catur. Ini luar biasa. Sehingga pembinaan dengan berbagai turnamen harus terus dilaksanakan," kata Rivai.

Baca juga : Lestari Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Kebangsaan

Turnamen Catur Terbuka Indonesia Master III Piala Ketua MPR RI ini juga merupakan pemanasan. Sebab pada 90 persen pecatur yang berlaga bakal juga mengikuti kejurnas catur yang akan diikuti 1.500 pecatur dari seluruh Indonesia pada Senin (13/3) di Kemayoran, Jakarta Pusat. "Minat catur sangat tinggi dan ini harus diaptresiasi," tambah Rivai. 

Sementara itu, Ketua MPR RI yang juga Ketua Dewan Pembina Persatuan Catur Seluruh Indonesia Bambang Soesatyo mengatakan, penyelenggaraan turnamen catur di Gedung MPR ini menjadi simbolisasi atas sikap keberpihakan dan kepedulian MPR pada kemajuan dunia olahraga.

"Khususnya olahraga catur di Indonesia yang pada berbagai kejuaraan telah berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara,” ujar Bamsoet secara virtual di Jakarta, Sabtu (11/3/23).

Baca juga : Pertamina Salurkan Bantuan Ke Warga Plumpang

Bamsoet juga mengapresiasi Percasi dibawah kepemimpiman Ketua Umum GM Utut Adianto, atas kerjasama yang telah terjalin baik dengan MPR, pada penyelenggaraan kejuaraan catur selama lima tahun berturut-turut, sejak tahun 2019 hingga 2023.

“Melalui penyelenggaraan kejuaraan catur secara rutin, kita berharap dapat membangun komitmen dan mendorong segenap pemangku kepentingan, untuk terus memajukan olahraga catur, serta memfasilitasi kebutuhan jam terbang yang memadai bagi pembinaan atlet catur. Sekaligus menjadi stimulus bagi peningkatan prestasi atlet catur kita, baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.