Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka Pendaftaran Caleg

Hanura Siap Balik Ke Senayan

Kamis, 23 Februari 2023 07:55 WIB
Partai Hanura resmi membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) 2024-2029, di Jakarta, Rabu (22/2/2023). (Foto: Hanura)
Partai Hanura resmi membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) 2024-2029, di Jakarta, Rabu (22/2/2023). (Foto: Hanura)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Hanura resmi membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) 2024-2029. Sekretariat pendaftarannya ada di Kantor Dewan Kehormatan Partai Hanura, Jalan Karawang Nomor 6, Menteng, Jakarta Pusat.

“Kita resmi membuka pendaf­taran caleg untuk caleg pusat, juga daerah baik provinsi dan kabupaten. Kantor Sekretariat Pendaftaran di Jakarta di tempat ini. Kalau di daerah, ada di masing-masing DPD dan DPC,” ujar Ketua Harian DPP Partai Hanura Herry Lontung Siregar saat mem­buka pendaftaran caleg, kemarin.

Pendaftaran caleg ini akan dibuka hingga akhir April 2023. Diakui Herry, pendaftaran di daerah sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu secara online. Namun, karena ada beberapa tokoh nasional ingin mendaftar langsung, Hanura membuka posko pendaftaran di pusat.

“Sampai hari ini sudah men­capai 300 pendaftar untuk caleg DPR. Ada tokoh masyarakat, tokoh nasional dan kalangan milenial,” ucapnya.

Baca juga : Tamara Bleszynski, Merasa Sang Kakak Kejam

Dia meminta panitia pelaksana pendaftaran bekerja maksimal. Herry menyakinkan, tak akan ada pengaturan dan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Semua pendaftar akan diterima tanpa melihat latar belakang calon.

“Tidak ada kelompok mewakili siapa. Semua punya kesempatan dan akan kita tampung. Selanjutnya dilakukan seleksi, yang mana caleg layak diajukan,”ujarnya.

Dia yakin, tokoh nasional, tokoh lokal yang mengakar dan milenial akan berjuang bersama membesarkan Hanura.

“Target kita kembali ke Senayan. Survei silakan saja tempatkan kami belum lolos parlemen. Yang jelas, kami punya ratusan anggota dewan di daerah,” tegas Herry.

Baca juga : Di Balik Mesjid Aqsha

Berdasarkan pantauan Rakyat Merdeka, sejumlah calon pendaftar datang secara offline. Nampak sejumlah caleg Hanura yang yang mendaftar langsung untuk kursi DPR.

Antara lain, Wakil Ketua Umum Partai Hanura sekaligus Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani, Ketua Dewan Pakar Hanura Bachtiar Aly, mantan anggota DPR 2009-2014 dari PPP Hasanuddin AS, serta Elis Apriani dan Shelia Padha yang mewakili kaum milenial.

Benny Rhamdani mengaku telah menyerahkan semua dokumen persyaratan. “Saya berusaha keras mengembalikan kejayaan Hanura dan mengantarkan partai ini ke Senayan,” katanya.

Jika terpilih menjadi wakil rakyat, Benny berjanji akan mengawal perjuangan rakyat dan memberantas korupsi melalui kebijakan di undang-undangan. “Khususnya membangun daerah untuk Indonesia makmur dengan hati nurani,” ucapnya.

Baca juga : Buka Pendaftaran Caleg, Hanura Pede Lolos Ke Senayan

Soal mantan Ketua Umum Wiranto yang dikabarkan ber­gabung ke PAN, Herry menam­bahkan, Wiranto otomatis keluar dari struktur partai sejak menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Setelah terpilih menjadi Ketua Wantimpres, tidak ada hubungan dengan Partai Hanura. Kalau sekarang mau pindah partai, itu hak beliau,” katanya. Perpindahan Wiranto tidak memberikan penga­ruh apapun. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.