Dark/Light Mode

Bulutangkis Spanyol Masters 2023

Gregoria Cicipi Gelar Juara

Senin, 3 April 2023 07:00 WIB
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI).
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebulutangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung berhasil membawa pulang gelar juara bulutangkis Spanyol Masters 2023, setelah mengalahkan wakil India, Pusarla V Sindhu dua game langsung 21-8 dan 21-8.

Bermain di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spa­nyol, Gregoria langsung tampil mendominasi permainan lewat permainan apiknya. Bahkan, Gregoria hanya butuh waktu 29 menit untuk menyudahi perlawa­nan wakil India itu.

Gregoria memulai game pertama dengan baik. Gregoria memasuki interval dengan keunggulan 11-6 atas Sindhu usai pukulannya ke arah belakang dinyatakan masuk.Usai interval, Gregoria terus me­laju. Gregoria merebut enam poin beruntun untuk unggul 17-7 lewat sebuah smes lurus.

Setelah merebut game pertama dengan skor 21-8, Gregoria ma­kin percaya diri. Ia melanjutkan penampilan apiknya di awal game kedua. Dia merebut lima poin beruntun untuk memimpin 5-1. Gregoria mampu memegang ke­nali permainan. Sementara Sindhu beberapa kali justru melakukan kesalahan sendiri. Gregoria ung­gul telak 11-3 saat interval lewat sebuah netting silang.

Baca juga : Malam Ini, PSM Makassar Siap Kunci Gelar Liga 1

Gregoria makin tak terbend­ung. Serangan-serangan Gregoria kerap sulit dikembalikan oleh Sindhu. Gregoria merebut enam poin beruntun untuk unggul 18-4. Gregoria pada akhirnya menang 2-18 setelah Sindhu gagal mengembalikan servis.Ini menjadi kejutan kedua Grego­ria di ajang Spanyol Master 2023. Sebelumnya, Gregoria berhasil mengalahkan pebulutangkis tuan rumah sekaligus juara dunia tiga kali Carolina Marin di babak semifinal.

Praveen/Melati Gagal

Di partai sebelumnya, pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti gagal membawa pu­lang gelar juara Spanyol Masters 2023. Praveen/Melati harus mengakui kehabatan pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje di partai puncak ganda campuran.

Bermain di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spa­nyol, Pramel - sebutan Praveen/Melati tumbang dua game lang­sung 20-22 dan 18-21 dalam waktu 47 menit.

Baca juga : Hantam Medvedev, Alcaraz Pun Juara

Di game pertama, mereka mendapat perlawanan sengit dari Christiansen/Boje di awal laga hingga mencapai skor 3-3. Namun, setelah itu lawan banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat Praveen/Melati menjauh dengan keunggulan 8-3. Akan tetapi, wakil Merah-Putih gantian membuat beberapa kes­alahan sampai Christiansen/Boje mendekat di angka 9-10.

Smash keras Praveen bisa mengantarkan pasangan Indonesia melangkah lebih dulu saat in­terval dengan keunggulan 11-9. Usai jeda, Praveen/Melati menin­gkatkan tempo permainan untuk melesatkan serangan-serangan cepat kepada lawan. Strategi itu sukses menghasilkan beberapa poin tambahan yang membawa Praveen/Melati menjauh dengan skor 16-12. Namun, pasangan non pelatnas itu balik tertekan setelah itu hingga Christiansen/Boje menyamakan kedudukan di angka 17-17.

Sayangnya, setelah imbang 20-20, Praveen/Melati kurang fokus di poin-poin kritis. Imbasnya, lawan yang duduk di ranking 19 dunia itu balik memimpin dan menang 22-20. Pada gim kedua, pukulan Praveen/Melati banyak yang menyangkut di net dan melebar dari lapangan.

Alhasil, mereka banyak ke­hilangan poin dan tertinggal 2-6. Pasangan ranking 47 dunia itu sempat mengejar 7-9. Namun, dua kesalahan beruntun kembali mereka buat sehingga Christian­sen/Boje menjauh untuk unggul 11-7 di interval gim kedua. Selepas rehat,

Baca juga : Moeldoko Konsisten Masuk 3 Besar Di Gelaran Musra

Praveen/Melati mencoba ber­main lebih sabar dengan reli-reli panjang. Strategi itu mampu membuat mereka memangkas selisih menjadi 11-12. Mereka bahkan menyamakan kedudukan di angka 14-14. Lalu, smash sangat keras Praveen membuat mereka berbalik unggul 15-14. Sayangnya, Praveen/Melati lagi-lagi membuat kesalahan beruntun di poin-poin kritis sehingga tertinggal 16-19. Pada akhirnya, mereka menyerah dengan skor akhir 18-21. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.