Dark/Light Mode

Temui FIFA Di Eropa

Erick Tak Lelah Selamatkan Bola Indonesia

Rabu, 5 April 2023 08:15 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berangkat ke Doha, Qatar, Kamis lalu (29/3). (Foto: Twitter Erick)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berangkat ke Doha, Qatar, Kamis lalu (29/3). (Foto: Twitter Erick)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua minggu terakhir, Ketua Umum PSSI Erick Thohir begitu sibuk menyelamatkan sepakbola Indonesia.

Pekan lalu, Erick terbang ke Doha, Qatar, tengah malam, untuk melobi Presiden FIFA Gianni Infantino agar Indonesia tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Erick tidak lelah dan patah semangat meski FIFA telah membatalkan Indonesia jadi tuan rumah. Senin kemarin, Erick terbang ke Eropa, tepatnya ke Zurich, Swiss, untuk kembali menemui bos FIFA agar Indonesia tidak dijatuhi sanksi yang membuat sepakbola Indonesia berduka.

Erick terbang ke Swiss dengan membawa “bekal” blueprint alias cetak biru transformasi sepakbola Indonesia yang diberi judul: Garuda Mendunia.

"Bismillah, semoga Indonesia dapat keluar dari ancaman sanksi. Saya akan bawa peta ‘Garuda Mendunia’ kepada FIFA. Semoga ada kabar baik," ucap Menteri BUMN ini.

Baca juga : Peduli Nasib Rakyat, Warga Sukabumi Nilai Erick Thohir Sosok Paling Pas Pimpin Indonesia

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali menjelaskan, Erick terbang ke Eropa membawa misi agar Indonesia lolos dari sanksi. Di hadapan Presiden FIFA, Erick akan menjelaskan tentang perencanaan, pembinaan usia dini, kompetisi, dan infrastruktur.

"Ya, kalau pun kena (sanksi), tidak berat. Kan, ada level sanksinya. Kami (harapkan) seringan-ringannya. Bagusnya sih nggak sampai kena sanksi, karena transformasi sepakbola ke depan masih sangat besar pekerjaannya," terangnya, di Media Center PSSI, Jakarta, kemarin.

Sebelum terbang ke Swiss, Erick lebih dulu bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono untuk membahas kesiapan infrastruktur stadion di Indonesia.

"Nah, itu penting untuk meng-clear-kan. Kan, seolah-olah kita tidak siap kan? Makanya, Pak Basuki menyampaikan, 31 Maret lalu, seluruhnya sudah (siap infrastruktur) dan FIFA pun ada. Oke semua," ungkap Amali.

Baca juga : Jokowi Minta Erick Usahakan Indonesia Tak Kena Sanksi FIFA

Menpora yang baru, Dito Ariotedjo, membenarkan, agenda Erick terbang ke Swiss agar Indonesia tak terkena sanksi dari FIFA.

Apa pun hasil pembicaraan Erick di Swiss, Dito mendukung program yang sudah dicanangkan PSSI. "Saat ini, Ketum PSSI sedang dalam perjalanan menuju FIFA. Jadi, kita akan menunggu hasilnya. Apapun keputusannya, kita akan menunggu," ucapnya.

Ia yakin, di bawah kepemimpinan Erick, transformasi sepakbola Indonesia yang diinginkan FIFA bisa segera terwujud. Terlebih, Erick bukan orang baru di dunia sepakbola. "Kami yakin, di kepemimpinan Pak Erick Thohir, pasti transformasi bola bisa tercapai," imbuh Dito.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin turut memberikan perhatian pada masalah ini. Dia memastikan, Pemerintah belum berencana membuat event pengganti Piala Dunia U-20. Saat ini, Pemerintah ingin Indonesia tetap berkompetisi dalam event-event yang diselenggarakan FIFA. 

Baca juga : Kecakapan Diplomasi Erick Bantu FIFA Reformasi Sepakbola Indonesia

Ma'ruf menilai, keterlibatan FIFA dalam membina persepakbolaan Indonesia sangat penting agar sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Terlebih, FIFA melihat Indonesia memiliki banyak pemain dengan kompetensi cukup baik. "Tinggal bagaimana pembinaan dari sejak dini sehingga nanti menjadi pemain yang andal," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.