Dark/Light Mode

Dapat Dukungan Klub Liga 1, Pengamat Yakin Kepemimpinan Erick Thohir Bakal Bawa Perubahan Sepak Bola Indonesia

Senin, 24 April 2023 17:21 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Instagram)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat sepak bola nasional Rikki Daulay meyakini, dukungan klub-klub Liga 1 atas gerak cepat Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam melakukan bersih-bersih di tubuh federasi sepak bola Indonesia itu membawa aura positif bagi perkembangan sepak bola nasional.

Menurut Rikki Daulay, dukungan klub Liga 1 atas niat baik Erick Thohir mampu sangat bagus untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan sebelum pelaksanaan kompetisi liga baru dimulai.

Terlebih, upaya Erick itu langsung dibuktikan dengan dengan menggandeng lembaga auditor Ernst & Young Indonesia untuk mengaudit secara forensik keuangan PSSI dan PT LIB.

"Sepakat. Memang ini salah satu langkah yang harus diambil Erick Thohir untuk revolusi total di tubuh PSSI demi kemajuan sepak bola nasional," ujar Rikki, Senin (24/4).

Rikki menambahkan, langkah berani Erick Thohir ini akan menjadi role model bagi pengelolaan manajemen sepak bola nasional ke depan. Bukan hanya untuk PSSI, tapi juga peserta klub liga di Indonesia.

Baca juga : Dari Tanah Suci, Erick Doakan Kebaikan Untuk Indonesia

Dengan menggandeng akuntan independen dan ternama ini, lanjut Rikki, oknum pengurus PSSI akan berpikir dua kali ketika ingin bermain-main dengan anggaran yang dikelolanya.

"Saya setuju melakukan audit tersebut, biar menjadi pelajaran buat pengurus," paparnya.

Dikatakan Rikki, sumber korupsi berawal dari ketertutupan. Karena itu, dia mendorong mendukung langkah Erick Thohir, seperti yang pernah dilakukannya di Kementerian BUMN dan berhasil membongkar praktik kotor korupsi.

"PSSI sebagai badan publik harusnya kan transparan. Ketertutupan soal pengelolaan anggaran itu mengindikasikan ada yang disembunyikan. Untuk itu Erick harus bongkar semuanya, biar terang benderang permasalahan di tubuh PSSI," tegasnya.

Rikki mengatakan, langkah bersih-bersih Erick Thohir itu memang tidak mudah. Diprediksi, dia akan mendapat perlawanan atau intervensi dari oknum yang merasa terusik.

Baca juga : Pengamat Dukung Erick Thohir Segera Wujudkan Sepak Bola Bersih dan Transparan

Namun Riki optimis, mantan bos Inter Milan itu tidak akan gentar dan tetap profesional melakukan pembenahan.

"Semoga saja Erick tetap dapat profesional dan dapat lepas dari intervensi pihak manapun. Jika ketegasan Erick ini dapat konsisten, saya yakin Erick dapat membuat sepak bola Indonesia maju ke depan," harap Rikki.

Dia memastikan, masyarakat pecinta sepakbola dan seluruh stakeholder akan mendukung penuh langkah Erick Thohir untuk konsisten dan komitmen membawa PSSI lebih baik dan menjadikan sepak bola lebih maju.

"Perlu konsistensi dan komitmen yang kuat untuk memimpin PSSI. Tidak mudah memang dengan keterbatasan yang ada saat ini, tetapi saya ulang, jika profesional sekelas Erick Thohir mampu konsisten dan komitmen dalam memimpin PSSI, maka saya yakin Erick Thohir mampu membawa sepakbola nasional maju," tandas Riki.

Sebelumnya, peserta klub Liga 1 Indonesia ramai-ramai mendukung upaya Erick Thohir melakukan aksi bersih-bersih di tubuh PSSI dan PT LIB.

Baca juga : The Jakmania: Demi Kebaikan Sepak Bola Indonesia

Salah satunya, klub juara Liga 1 BRI PSM Makassar, yang memastikan siap membantu Ketum PSSI Erick Thohir untuk melakukan audit keuangan di tubuh PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru).

Manajemen PSM dengan tegas menginginkan agar pengelolaan keuangan kompetisi di Indonesia berjalan transparan, terbuka serta akuntabel.

"Tidak hanya mendukung, PSM pun mengajak pihak lain untuk mendukung kebijakan Pak Ketum Erick Thohir. Dengan audit tersebut kita berharap akan terjawab mengapa permasalahan keuangan di PSSI dan PT LIB selalu menjadi keluhan," kata Direktur Utama PSM Makassar, Sadikin Aksa dalam keterangannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.