Dark/Light Mode

Malam Ini, Ginting Bisa Ukir Sejarah Di Badminton Asia Championship

Minggu, 30 April 2023 08:47 WIB
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (Foto : PBSI)
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Minggu (30/4), tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting siap mengukir sejarah untuk kali pertama meraih gelar juara Badminton Asia Championships 2023.

Ginting juga bisa menyelamatkan wajah Indonesia karena menjadi satu-satunya wakil Tanah Air yang melenggang ke final di Kejuaraan Bulutangkis Asia 2023..

Pada laga final, pemain asal Cimahi itu akan menantang tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. Pemain Singapura itu melangkah ke final setelah menundukkan wakil China, Lu Guang Zu, 21-19, 21-15.

Anthony Sinisuka Ginting akan menyamai prestasi Taufik Hidayat yang merengkuh gelar juara Asia sejak pada 2000 dan 2007 dan Sony Dwi Kuncoro pada tahun 2002 dan 2003.

Baca juga : Malam Ini, Airlangga Mau Ketemu SBY Di Puri Cikeas

Sebelumnya, Ginting ke final setelah mengalahkan pemain Jepang, Kanta Tsuneyama, dalam dua gim langsung 21-13, 21-16 pada laga semifinal, Sabtu (29/4/2023).

Anthony Sinisuka Ginting merampungkan pertandingan yang berlangsung di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, itu dalam tempo 37 menit. Dia tidak membiarkan Tsuneyama mendiktenya, sehingga bisa menyudahi pertandingan ini dengan meyakinkan.

Anthony Ginting mengaku bersyukur bisa menyelesaikan permainan di semifinal dengan baik dan tanpa cedera. Yang terpenting, kans membawa pulang gelar masih terbuka.

"Saya mau mengucapkan terima kasih untuk tim ofisial dari PBSI yang sudah membantu saya semaksimal mungkin untuk memulihkan kondisi dari laga panjang di perempatfinal," kata Anthony Ginting, melalui rilis dari PBSI.

Baca juga : Malam Ini, PSM Makassar Siap Kunci Gelar Liga 1

"Pasti capek tapi saya tidak mau menyerah begitu saja, tetap harus mengatasi semua masalah yang ada. Sekali lagi saya bersyukur punya pelatih baik teknik maupun fisik, tim medis, masseur dan fisioterapis yang sigap dan siap setiap saat."

"Senang bisa ke final karena ini pertama kali di Kejuaraan Asia. Untuk final, saya mau fokus dulu menyiapkan pikiran, badan dan semacamnya. Kita lihat besok di lapangan seperti apa," imbuhnya.

Langkah Anthony Ginting ke final gagal diikuti ganda canda campuran Indonesia, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Mereka kandas di semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia 2023. Mereka tersingkir setelah takluk 17-21, 15-21 dari ganda China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Baca juga : Jam Tangan Police Banjir Hadiah Di Sosial Media

"Tetap bersyukur dengan hasil bisa sampai di semifinal. Hari ini kami akui lawan lebih siap, mereka sudah in sejak awal dan kami terus tertekan. Di gim pertama maupun kedua kami sudah mencoba melakukan semua cara untuk keluar dari tekanan tapi memang belum berhasil," kata Dejan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.