Dark/Light Mode

Manchester City Vs West Ham United

Menanti Amukan ‘Monster’

Rabu, 3 Mei 2023 07:00 WIB
Erling Haaland. (Foto: AFP).
Erling Haaland. (Foto: AFP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan klasemen Liga Primer Inggris, Manchester City, akan menjamu West Ham United di Stadion Etihad, dini hari nanti. The Citizens ingin memperpanjang eksistensi kemenangan agar bisa meraih gelar musim ini.

Saat ini, Man City menempati posisi puncak klasemen dengan nilai 76 dari 32 pertandingan atau unggul satu poin dari Arsenal yang sudah menjalani 33 pertandingan.

Eksistensi Man City sudah tidak diragukan lagi. Tim asuhan Pep Guardiola ini belum pernah kalah di semua kompetisi se­jak takluk 0-1 dari Tottenham pada awal Februari, telah men­catatkan delapan kemenangan beruntun di Liga Primer untuk mencapai puncak.

Modal positif lainnya, The Citizens telah memenangkan enam pertandingan kandang terakhir mereka dengan West Ham, yang mendekam di urutan ke-15 menyusul kekalahan 3-4 dari Crystal Palace.

Baca juga : Aksi Kudeta Di Depan Mata

Di momen kali ini, striker haus gol, Erling Haaland punya kesempatan menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu musim di Liga Primer ketika Man City menjamu West Ham United dini hari nanti. Rekor itu bisa sem­purna jika diraih dengan mem­bawa timnya mempertahankan kemenangan dalam perjalanan untuk mempertahankan gelar Liga Primer musim 2022-2023.

Pemain Norwegia itu sudah mengoleksi 34 gol dalam 32 laga, menyamai catatan gol semusim di Liga Inggris milik Andy Cole dan Alan Shearer. Dilansir The Analyst, Cole mem­buat 34 gol dalam 40 penampi­lan bersama Newcastle United pada edisi 1993-1994.

Sementara Shearer juga me­lesakkan 34 gol dalam 42 laga pada 1994-1995 dengan seragam Blackburn Rovers. Dorongan individu mencetak satu gol lagi untuk melampaui rekor itu jadi motivasi lebih untuk memenang­kan pertandingan nanti.

Akhir pekan lalu, skuad asuhan Pep Guardiola menggeser Arsenal di puncak klasemen menyusul kemenangan 2-1 atas Fulham sekaligus memperpan­jang rekor tak terkalahkan mer­eka menjadi 18 pertandingan.

Baca juga : Duel Pelampiasan Die Roten

“Semuanya melampaui apa yang saya harapkan dan saya sangat bersyukur telah hidup dengan tim dan pemain yang luar biasa dalam kehidupan seperti ini,” kata Guardiola.

Kemenangan Man City atas West Ham akan menjadi kunci mereka di puncak klasemen Liga Primer, sekalipun Arsenal menang lawan Chelsea yang akan digelar sehari sebelumnya. Apalagi The Citizens masih unggul satu pertandingan sisa dari Arsenal.

Guardiola mengatakan, timnya saat ini berada di jalur yang tepat untuk menjadi klub Inggris per­tama sejak Manchester United yang memenangkan treble pada musin 1998-1999.

Selain peluang mempertah­ankan gelar Liga Primer, Man City telah mencapai final Piala FAyang akan menghadapi ri­val sekota Man United Juni Mendatang. Mereka juga lolos ke semifinal Liga Champions dan ditantang juara bertahan Real Madrid pekan depan.

Baca juga : The Citizen On Fire

“Saya tahu jika kami tidak memenangkan treble, jika kami tidak memenangkan Liga Primer, musim akan gagal, tetapi itu tidak masalah. Kami menerima itu, tapi yang pent­ing kami tetap di sana dan bersiap dan berpikir tentang final Piala FAdan Liga Primer masih ada di tangan kami,” kata Guardiola.

Sementara, West Ham United datang dengan modal hasil minor dua kekalahan beruntun di Liga Primer. Posisi mereka di peringkat 15 makin terancam dari Leicester, Leeds, Nottingham, hingga Everton yang sama-sama ber­juang keluar dari zona degradasi. Kelima tim itu hanya berjarak tak lebih dari lima poin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.