Dark/Light Mode

Trimedya Tonton Atletnya Di SEA Games

Keren, Gulat Langsung Sumbang 4 Emas Di Hari Pertama

Minggu, 14 Mei 2023 19:36 WIB
Ketum PP PGSI Trimedya Panjaitan bersama para atlet gulat di ajang SEA Games Kamboja. (Foto : DHN)
Ketum PP PGSI Trimedya Panjaitan bersama para atlet gulat di ajang SEA Games Kamboja. (Foto : DHN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim gulat Indonesia berhasil membuat kejutan di hari pertama SEA Games 2023 Kamboja. Menurunkan empat pegulatnya, bendera Merah Putih langsung berkibar empat kali. 

Lagu Indonesia Raya pun berkumandang di Chroy Changvar Internasional Convention and Exhibution Center, Phnom Phen, Kamboja, Minggu (14/5)

Medali emas pertama disumbangkan Suparmanto di kelas greco roman 63 kg. Suparmanto berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Kamboja Pros Chray dengan skor telak 8-0. 

"Alhamdulillah, ini adalah emas pertama saya di SEA Games. Sebelumnya saya dapat perunggu di SEA Games Myanmar," ujar Suparmanto seusai pengulangan medali. 

Emas kedua gulat diraih di kelas greco roman 67 kg melalui Muhammad Aliansyah yang mengalahkan Manh Hung Bui dari Vietnam. Bagi Aliansyah ini merupakan ajang pembalasan di SEA Games Vietnam 2022. 

Baca juga : Prabowo: Rakyat Bangga Padamu, Terus Semangat Harumkan Indonesia

Aliansyah menang dramatis dengan skor sama 5-5, tapi mendapat poin besar dari bantingkan. Padahal, sebelumnya ia sempat memimpin dengan skor 7-3, tapi di menit berikutnya pihak lawan meminta challenge sehingga mengubah skor 5-5. 

Dua medali emas gulat lainnya disumbangkan Andika Sulaeman (kelas greco roman 77 kg) dan L Gilang Saputra (kelas greco roman 87 kg).

Keduanya menang mudah dari lawan-lawannya. Andika mengalahkan wakil Thailand Thamwirai Wisit dengan skor telak 13-0. Kemudian, Gilang Saputra mengalahkan pegulat Vietnam Dhinhhien Nghien 7-5. 

Setelah pencapaian empat emas di hari pertama, tim gulat Indonesia masih akan mempertandingan lima pegulat putrinya di hari kedua. 

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP PGSI) Trimedya Panjaitan yang menyaksikan langsung pertandingan sejak babak pertama sampai final mengaku senang sekaligus kaget. 

Baca juga : Jelang Semifinal, Indra Sjafri: Timnas Siap Lawan Vietnam

"Dengan perolehan empat emas dari cabang gulat ini di luar perhitungan saya. Karena target PP PGSI adalah dua emas. Alhamdulillah gulat bisa memberikan yang terbaik buat Merah Putih," ujar Trimedya. 

Politisi PDIP itu mengaku optimistis gulat Indonesia meraih emas, saat empat pegulatnya lolos ke final. "Saya jadi yakin bisa meraih emas, karena lawan berat mereka seperti dua atlet Vietnam sudah dikalahkan di babak semifinal,," ungkapnya.

Dengan tercapainya target medali emas di SEA Games 2023, Trimedya berharap gulat bisa diikuti sertakan di Asian Games 2023 di Huangzou, China. 

"Saya berharap KOI bisa mempertimbangkan gulat bisa ikut di pentas Asian Games. Mereka harus bisa menilai dan melihat perjuangan para pegulat yang ingin tampil di pentas yang lebih bergengsi," katanya. 

Sementara itu, pelatih kepala gulat Indonesia, Maurice mengatakan kunci keberhasilan meraih empat medali emas karena kepercayaan diri yang meningkat. 

Baca juga : Ganjar Kucurkan Rp 48 M Bangun Jembatan Indiana Jones Di Magelang

"Saya senang teman-teman atlet bisa tampil lebih percaya diri sejak melaju ke babak semifinal. Padahal, di babak awal mereka sempat demam panggung. Tapi, alhamdulillah bisa dilewati dengan mudah," katanya.

Maurice berharap pencapaian tim gulat putra bisa termotivasi untuk tim gulat putri yang akan tampil hari ini (Senin, 14/5). "Keberhasilan gulat putra harus menjadi pemalu gulat putri yang akan tampil," ujarnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.