Dark/Light Mode

Mutiara Ayuningtias, Peraih Emas Cabor Gulat Kg SEA Games 2023

Dari Pencak Silat Dan Voli, Banting Setir Ke Gulat

Senin, 15 Mei 2023 21:36 WIB
Mutiara Ayuningtias mempersembahkan emas di cabor gulat Indonesia kelas bebas putri 53 kg pada hari kedua SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: Istimewa)
Mutiara Ayuningtias mempersembahkan emas di cabor gulat Indonesia kelas bebas putri 53 kg pada hari kedua SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lelah yang dirasakan Mutiara Ayuningtias akhirnya terbayar. Pegulat berusia 25 tahun ini berhasil meraih medali emas pertamanya di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Ayu berhasil meraih medali emas di nomor bebas putri 53 Kg setelah melewati empat pertandingan dengan sistem round robin.

Keempat lawannya adalah Narina Nadia (Thailand), Sampang Dit (Kamboja), Maribeljamborn Anggana (Fiipina) dan Hsianpingalvina Lin (Singapura).

Baca juga : Erick: Selamat, Ini Pencapaian Luar Biasa

"Saya main di kelas bebas putra 53 kg. Kelas itu paling banyak ada orang. Untuk meraih medali emas saya harus main sebanyak empat kali. Baru keluar, masuk, istirahat, keluar, masuk lagi. Alhamdulillah semua terbayar," ujar Ayu saat berbincang dengan Rakyat Merdeka di Kamboja, Senin (15/5).

Ayu mengaku lawan yang paling berat yang dihadapi adalah pegulat asal tuan rumah Kamboja. "Dari empat yang paling berat adalah kamboja. Sama kamboja seri, tetapi menang poin terakhir," akunya.

Bagi Ayu, berkarier di gulat adalah yang terakhir. Sejak di bangku sekolah dia lebih suka puncak silat tapi kurang menonjol. Oleh guru olahraga SLTP-nya dia disarankan untuk pindah ke gulat, karena persaingan di gulat sedikit.

Baca juga : Garuda Benamkan Vietnam

"Dulu saya di silat dan voli, kemudian oleh Pak Sulastiman guru olahraga disarankan ke gulat. Terus saya coba-coba. Saya lihat saingan banyak di silat. Saya kurang mumpuni. Kalau gulat kan estra. Jadi tertarik," ujar perempuan kelahiran 24 Agustus 1998 ini.

Awalnya, Ayu takut dengan olahraga gulat karena ada bantingan. Tapi, setelah dicoba dan banyak latihan ternyata menyenangkan.

"Kelihatan menyeramkan karena bisa kena bantingan dan jatuh. Tapi, kita diajarin bagaimana cara bertahan dan teknik menjatuhkan," katanya.

Baca juga : Bakri Sikat Wakil Korsel, Ginting Babat Thailand

Untuk medali emas ini, Ayu persembahkan untuk keluarganya khususnya kedua orangtua dan suaminya. Selain itu Ayu juga berharap, bisa tampil di ajang lebih tinggi yaitu Asian Games 2023.

"Langkah selanjutnya saya akan latihan lagi lebih keras. Semoga gulat bisa diikuti sertakan di Asian Games 2023," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.