Dark/Light Mode

Guguran Awan Panas, Objek Wisata 5 Km Dari Puncak Merapi Ditutup Sementara

Kamis, 10 Maret 2022 19:55 WIB
Wisata jip wisata Lava Tour Merapi. (Foto: Antara)
Wisata jip wisata Lava Tour Merapi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menutup sementara objek wisata yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi atau berjarak kurang lebih 5 kilometer dari puncak pasca peristiwa awan panas guguran (APG) pada Rabu (9/3) hingga Kamis (10/3) dini hari.

"Berdasarkan evaluasi perkembangan aktivitas Gunung Merapi menyusul terjadinya APG, kami mengeluarkan surat edaran untuk menutup beberapa destinasi wisata yang berjarak kurang lebih 5 km dari puncak Gunung Merapi, terkait mitigasi bencana awan panas Merapi," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono seperti dilansir Antara, di Sleman, Kamis (10/3).

Baca juga : Puan Luwes Masuk Pabrik Migor Sampai Ke Kampung Tahu Tempe

Suparmono mengatakan, sesuai dengan rekomendasi BPPTKG dan BPBD Kabupaten Sleman, destinasi wisata yang ditutup di radius sekitar 5 km dari puncak Merapi adalah Bukit Klangon, Petilasan Mbah Maridjan Kinahrejo, Bunker Kaliadem, dan juga yang mungkin berpotensi bahaya wisata religi Turgo.

"Khusus Turgo dan wisata tracking yg lain walau jarak lebih dari 5 km tetapi kegiatan bersifat tracking menyebabkan potensi bahaya lebih besar terkait upaya mitigasi bencananya," ujarnya.

Baca juga : Kasus Covid-19, Kantor Sudin Sosial Jaktim Ditutup Sementara

Lebih lanjut Suparmono mengatakan,  kawasan wisata dengan radius aman tetap dapat beroperasional baik itu yang di wilayah Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan maupun Pakem.

"Kawasan wisata Kaliurang berjarak 6,8 kilometer dari puncak Merapi, destinasi yang berada di seputaran Kopi Merapi berjarak 7 kilometer, wisata Golf Merapi 9 kilometer dan yang lainya masih beroperasional," ujarnya.

Baca juga : Kalau Tak Berubah, Ya Ditinggal, Selesai!

Suparmono mengatakan, untuk jip wisata Lava Tour Merapi juga masih diperbolehkan beroperasi. Namun tetap harus di luar radius 5 kilometer dari puncak Merapi. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.