Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Kuatkan Mental Pemain, DPR Doakan Timnas U-22 Raih Emas Di SEA Games 2023

Selasa, 16 Mei 2023 10:51 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram Erick)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram Erick)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Timnas Thailand U-22 dalam partai final cabang sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, malam nanti. Laga tersebut bakal digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, mulai pukul 19.30 WIB.

Anggota Komisi X DPR Dewi Coryati mengaku bangga dengan perjuangan Timnas dalam menampilkan permainan terbaiknya sehingga berhasil melaju ke babak final. Ia yakin betul dengan kuatnya mental dan nyali yang dimiliki, squad Garuda Muda mampu meraih kemenangan dan menyabet medali emas.

“Tentunya saya sangat optimis Tim Garuda Muda kita dapat memperoleh medali emas di SEA Games tahun ini,” kata Dewi Coryati, kepada wartawan, Selasa (16/5).

Baca juga : Erick Bangga, Jokowi Sebut Timnas U-22 Punya Mental Pemenang

Menurut politisi PAN ini, kehadiran Erick Thohir di PSSI mampu membawa perubahan besar, baik itu untuk organisasi maupun tim nasionalnya. Buat Coryati, perubahan PSSI berpengaruh besar bagi prestasi sepak bola Tanah Air, khususnya Timnas Indonesia.

“Pertama, kita tahu bahwa sudah ada perubahan besar di PSSI, yang tentunya PSSI saat ini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Tentu ini menjadi support yang sangat utama untuk prestasi timnas sepak bola kita,” ucapnya.

Perubahan PSSI, kata politisi asal Bengkulu ini, terlihat dari permainan Timnas U-22 yang berhasil menekuk rival beratnya Vietnam di partai semifinal secara dramatis, yakni hanya 10 pemain. Kemenangan atas Vietnam menjadi bukti kuatnya mental dan nyali para pemain Timnas Indonesia.

Baca juga : Dibantu Menpora Dito, Tenis Meja Berlaga Di SEA Games

“Kedua, kita telah melihat sejauh ini bagaimana timnas Garuda Muda kita bertanding sangat luar biasa. Terakhir, kita saksikan menang melawan Vietnam di babak semifinal meskipun hanya dengan 10 pemain karena Pratama Arhan dikenakan kartu merah. Artinya memang kemampuan timnas Garuda Muda saat ini sangat baik,” jelasnya.

Selain berhasil membawa perubahan positif di tubuh PSSI, kehadiran Erick Thohir di stadion untuk memberikan dukungan mental dan menyaksikan langsung pertandingan menjadi kekuatan tersendiri bagi para pemain. Menurut Coryati, menguatkan mental pemain sangat penting saat ini, apalagi lawan yang akan dihadapi oleh anak asuh Indra Sjafri adalah Thailand yang difavoritkan sebagai juara.

“Tentu hadirnya pejabat negara menyaksikan laga final sea games akan sangat memberikan semangat untuk timnas Indonesia yang bertanding. Apalagi lawan yang akan dihadapi Indonesia di final adalah Thailand bukanlah lawan yang mudah,” ungkapnya.

Baca juga : PUPR Lanjutkan Jaringan Irigasi Baliase Di Sulawesi Selatan

Secara historis, Indonesia baru memenangkan 17 pertandingan dari 58 pertandingan melawan Thailand sejak tahun 1957. "Sehingga hadirnya supporter, tidak hanya pejabat namun seluruh rakyat Indonesia akan sangat membangkitkan kondisi mental dan semangat para pemain yang bertanding,” tambahnya.

Untuk itu, anak buah Zulkifli Hasan ini meminta Erick Thohir tetap konsisten dengan niat baiknya memajukan sepak bola Indonesia lebih baik dan berprestasi ke depan, terutama membersihkan PSSI dari para mafia sepak bola demi menciptakan iklim sepak bola yang sehat. “Tetap konsisten dengan cita-cita kita bersama untuk memajukan sepak bola nasional, yaitu yang pertama bersihkan korupsi di tubuh PSSI dan bangunlah iklim sepak bola nasional yang sehat dan kompetitif,” harapnya.

Lewat konsistensi ini, PSSI ke depan mampu melahirkan atlet atau pesepakbola berkualitas demi Timnas Indonesia ke depan. “Sehingga atlet-atlet kita akan semangat mengejar prestasi yang tentunya nantinya akan memudahkan penyaringan pemain potensial untuk Timnas ke depan,” tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.