Dark/Light Mode

Format Liga 1 Berubah, Maung Bandung Tetap Patok Gelar Juara

Selasa, 16 Mei 2023 10:33 WIB
Para pemain Persib Bandung saat latihan. (Foto : Persib)
Para pemain Persib Bandung saat latihan. (Foto : Persib)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persib Bandung siap beradaptasi dengan format baru Kompetisi BRI Liga 1 2023/24 yang rencananya bergulir pada 1 Juli 2023 -28 April 2024. Target yang diusung tetap juara Liga 1 Indonesia.

Ada dua perubahan format musim Liga 1 2023/2024. Pertama terkait format Liga 1 2023-2024 yang dipastikan tidak akan menerapkan sistem kompetisi penuh karena akan dibagi dalam dua fase, babak Reguler Series dan Championship Series.

Format regular series akan dihelat pada 1 Juli 2023 hingga 28 April 2024. Pada format ini menggunakan sistem double round robin, home and away. Diikuti 18 klub, laga digelar selama 34 pekan dan total 306 pertandingan.

Baca juga : Bamsoet Puji Gelaran Konferensi Asia Pasifik JCI Di Jakarta

Sementara Championship Series digulirkan pada 4-26 Mei 2024. Pada babak ini, knockout, 2 leg (home and away), diikuti 4 klub teratas di reguler series dan menggelar 8 pertandingan.

Dengan demikian, total dalam satu musim akan digelar 314 pertandingan. Tim yang berada di peringkat teratas hingga urutan di bawahnya pada championship series akan mendapatkan slot tampil di AFC Club Competition 2024/25.

Terakhir kali kompetisi Liga Indonesia tidak menerapkan format kompetisi penuh pada musim 2014, saat masih bertitel Indonesia Super League (ISL), di mana Persib tampil sebagai juara setelah mengandaskan Persipura Jayapura di final lewat adu penalti

Baca juga : Haaland Terdepan Dapat Sepatu Emas

“Kami mendukung, kan itu hasil sarasehan yang usulan dari klub. Itu kan semua kesepakatan dan usulan dari mayoritas klub, dan akhirnya didengar dan jadi proses diskusi dengan LIB dan PSSI,” papar Teddy.

Selain format kompetisi yang diperbarui, kuota pemain asing pun akan bertambah menjadi 5+1 terdiri dari 5 asing bebas dan satu pemain ASEAN. “Hampir mayoritas dari 18 klub mengusulkan itu. Usulannya memang secara ini lebih pasti ada plus minus tapi kita dari sisi yang menarik saja,” sebut Teddy.

Persib tetap akan menargetkan juara di BRI Liga 1 2023/24. “Target juara, dengan mekanisme apapun kita ikuti. Target ingin menjadi yang terbaik,” ungkap Teddy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.