Dark/Light Mode

SEA Games Kamboja

Babak Pertama, Sananta Bawa Garuda Unggul 2-0 Atas Thailand

Selasa, 16 Mei 2023 20:23 WIB
Selebrasi para pemain Indonesia saat menang lawan Vietnam di semifinal, SEA Games Kamboja. (Foto : PSSI)
Selebrasi para pemain Indonesia saat menang lawan Vietnam di semifinal, SEA Games Kamboja. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Babak pertama final sepakbola SEA Games Kamboja menjadi milik timnas U-22 Indonesia. Marselino Ferdinan Cs sementara unggul atas Thailand dengan skor 2-0.

Duel Indonesia vs Thailand pada berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam. 

Adalah M Ramadhan Sananta yang menjadi bintang di laga babak awal ini.

Baca juga : Tambah 2 Emas, Tim Badminton Berpeluang Lampaui Target

Gol pertama lahir pada menit ke-20. Sananta mendapat bola dari lemparan jauh ke dalam Alfeandra Dewangga dari sisi kanan. Bola kemudian disundul Sananta ke arah gawang.

Bola sempat membentur kaki pemain Thailand sebelum akhirnya masuk ke gawang membobol gawang timnas Thailand. Skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

Thailand sempat mendapat peluang emas lewat bola mati di masa injury time babak pertama. Beruntung tak berbuah gol. 

Baca juga : 32 Tahun Menunggu Emas Sepak Bola, Erick Mohon Doa

Justru M Ramadhan Sananta yang kembali mengubah keadaan menjadi 2-0 untuk Indonesia. Mendapat umpan jauh dari Rizky Ridho, Sananta menyontek bola  yang ditinggal kiper Thailand. Skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia.  

Ini adalah pertemuan ke-24 antara Thailand vs Indonesia. Dari 23 kali pertemuan sebelumnya, Garuda Muda meraih lima kemenangan, momen itu terjadi pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. sementara Thailand meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang.

Indonesia sempat meraih emas pada SEA Games 1991. Itu juga kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final.

Baca juga : Malam Ini Final Lawan Thailand, Rekor Pertemuan Bikin Deg-degan

Pada saat itu, laga Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor sama kuat 0-0 di waktu normal. Skuad Garuda yang dibela nama-nama legendaris seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray lantas bisa menaklukkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Namun, Indonesia pernah menelan kekalahan besar dari Thailand. Momen itu terjadi pada SEA Games 1985. Saat itu, Tim Merah-Putih menelan kekalahan dengan skor akhir 0-7 dari Thailand.

Pada pertemuan terakhir, Indonesia menelan kekalahan 0-1. Di Vietnam tahun lalu, Thailand menaklukkan Indonesia pada babak semifinal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.