Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Video Ratu Tisha Suntik Mental Pemain Timnas U-22 Viral, Netizen: Selevel Pep

Rabu, 17 Mei 2023 08:56 WIB
Tangkapan layar video Ratu Tisha didampingi pelatih Indra Sjafri saat sedang membangkitkan semangat dan mental pemain Timnas U-22 jelang SEA Games 2023, bulan lalu. (Foto: Tangkapan layar video PSSI)
Tangkapan layar video Ratu Tisha didampingi pelatih Indra Sjafri saat sedang membangkitkan semangat dan mental pemain Timnas U-22 jelang SEA Games 2023, bulan lalu. (Foto: Tangkapan layar video PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di balik euforia kemenangan dramatis Indonesia di babak final SEA Games 2023 melawan Thailand dengan skor 5-2, ada peran sosok yang tidak dilupakan netizen, yakni Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha.

Beberapa saat setelah kemenangan Timnas U-22 tadi malam, video Ratu Tisha membangkitkan mental pemain beredar luas di media sosial. Video itu diberi judul Pep Talk ala Ratu Tisha.

Penelusuran RM.ID, video itu terekam ketika Ratu Tisha mendatangi langsung lapangan latihan Timnas-U22 jelang SEA Games, bulan lalu.

Saat itu, wanita pertama yang pernah menduduki Sekjen PSSI ini datang mengenakan jaket Timnas warna merah dengan lambang Garuda tersemat di dada kiri. 

Ia langsung menemui para pemain didampingi pelatih Indra Sjafri. Kata-kata yang dikeluarkan cukup menyihir. Sang juru taktik yang berada di sisi kanan tampak manggut-manggut, para pemain pun mendengarkan dengan cukup serius.

Bahkan, banyak netizen yang tak ragu menyamakan cara Ratu Tisha membangkitkan mental pemain nyaris sama levelnya dengan Pep Guardiola, manajer klub sepak bola Manchester City.

Baca juga : Erick Kuatkan Mental Pemain, DPR Doakan Timnas U-22 Raih Emas Di SEA Games 2023

"Bisa menang kita lawan Vietnam?" tanya Ratu Tisha, dengan suara sedikit serak, yang langsung dijawab bisa oleh pemain dengan kompak.

"Apa mereka berdua lebih di atas dari pada kita?" tanya dia lagi. "Tidak!" tegas pemain.

"Apabila misalnya Argentina jauh lebih di atas dari kita, mau kita kalah lawan dia? Enggan kan?" lanjutnya yang terus menghujani pemain dengan pertanyaan-pertanyaan yang semakin tajam.

"Kalau kita enggak punya spirit itu, maka kita enggak pernah tahu bagaimana caranya menang. Kalau kalian selamanya merasa bahwa kita, lebih kecil dari pada Jepang, jadi enggak apa-apa nanti kalau kalah lawan Jepang. Ya enggak bakal menang kita," tegasnya.

"Jangankan lawan Jepang, lawan Vietnam aja enggak menang, pasti. Jadi mindsetnya ada di sini," ucap Ratu Tisha sembari menunjuk jarinya ke kening kiri.

Ia meminta pemain agar memanfaat waktu luang seperti ketika membuka sosial media atau platform entertainment lainnya, agar tidak keluar dari sepak bola.

Baca juga : Tampil Pede Kunci Timnas U-22 Hajar Vietnam

"Usahakan 70:30. Kalian lihat itu FIFA TV, lihat cuplikan-cuplikannya di situ. Lihat cara bermain mereka. Lihat cuplikan highlight-nya di situ. Save itu jadi favorit-favorit kalian," imbaunya.

Dalam setiap interaksi atau obrolan antar pemain, Ratu Tisha juga meminta agar juga saling sharing soal sepak bola.

"Cek pemain U-23 yang ada di dunia kayak apa sekarang levelnya? Oke. Siap semua?," lanjutnya. "Siap," sahut pemain.

"Siap kita untuk kasih yang terbaik di SEA Games?" tanya dia. "Siap," jawab pemain lagi. 

Ia juga meminta para pemain mendengarkan apapun instruksi atau arahan pelatih. 

"Jangan pernah berkecil hati, ketika ada di dalam lapangan, sesuatu hal yang tidak mengenakkan, pesan saya cuma satu: dengerin kata pelatih. Lihat ke kanan, dengerin kata pelatih. Percayakan, strategi apapun, taktik apapun dan instruksi apapun. Keluarkan yang terbaik dan komunikasikan satu sama lain," pintanya.

Baca juga : Erick Pastikan, 20 Pemain Timnas U-22 Siap Bela Merah Putih

Ratu Tisha kembali mengulang arahannya soal porsi 70 persen berbanding 30 persen, agar semua platform medsos didominasi oleh video-video bola. Terutama di YouTube.

Ia meminta agar para pemain memantau cara pemain umur 20, umur 21, umur 22 hari ini di negara-negara lain yang lagi bermain di kualifikasi Euro, Conmebol, hingga Concacaf.

"Kayak apa mereka cuplikannya. Kalau pantai itu. Oke. Suatu hari, kita pasti akan lawan mereka ya. Percaya ya," yakin Ratu Tisha.

Suntikan semangat dari Ratu Tisha, tak sia-sia. Pemain Timnas U-22 berhasil memetik kemenangan 5-2 atas Thailand di Final SEA Games 2023 tadi malam. Selamat!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.