Dark/Light Mode

STY Pelototin 4 Pemain Timnas Di Luar Negeri

Kamis, 1 September 2022 08:25 WIB
Asnawi, Egy MV dan Witan Sulaeman. (Foto : PSSI)
Asnawi, Egy MV dan Witan Sulaeman. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) meminta para pemain Indonesia yang berkarier di liga-liga luar negeri tidak cepat puas dengan pencapaian mereka.

“Mereka harus bisa lebih baik. Jangan cepat puas,” ujar STY di Lapangan Sepak Bola A Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, penampilan apik pemain Indonesia di luar negeri menjadi tanda positif kebangkitan sepak bola Indonesia.

Baca juga : Pengen Lagi Dan Lagi, Utang Luar Negeri Seperti Candu

Beberapa minggu terakhir, setidaknya ada empat pemain Timnas Indonesia yang bermain bagus di klub masing-masing. Yakni, Egy Maulana Vikri (bermain di klub ViOn Zlate Moravce-Vrable, Liga Slovakia), Witan Sulaeman (AS Trencin), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners, Liga 2 Korea Selatan) dan Elkan Baggott (Gillingham FC, Liga 2 Inggris).

Egy mencatatkan satu assist untuk timnya pada laga Piala Slovakia kontra Ruzomberok, 20 Agustus 2022. Sama seperti Witan, dia mulai tampil reguler di timnya. Witan Sulaeman melesakkan dua gol dan menciptakan satu assist saat AS Trencin melumat Slovan Hlohevec dengan skor 14-0, 24 Agustus 2022 di Piala Slovakia.

Sementara, Asnawi Mangkualam merupakan pemain yang bermain teratur di Ansan Greeners. Pada musim ini, dia sudah membuat dua gol dan satu assist.

Baca juga : Honor Petugas Pemilu Naik Kualitas Pemilu Harus Naik

Lalu Elkan Baggott, tidak tergantikan di sektor bek tengah Gillingham FC. Pemain berusia 19 tahun itu bahkan sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik (man of the match) pada pertandingan Liga 2 Inggris kontra Walsall, 20 Agustus 2022.

Keempat pemain tersebut kemungkinan akan dipanggil untuk laga persahabatan FIFA kontra Curacao pada 24 dan 27 September 2022 di Indonesia.

Akan tetapi, mereka belum dipastikan dapat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 karena turnamen itu tidak di bawah naungan FIFA.

Baca juga : PSSI Janji Pelototin Terus Timnas U-16

Meski demikian, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya akan mengupayakan semua pemain Indonesia di luar negeri, termasuk pemain naturalisasi, dapat berlaga di Piala AFF 2022. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.