Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia Vs Malaysia, Bukan Cuma Ngejar Poin

Rabu, 4 September 2019 18:02 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (kedua kiri) saat konferensi Pers. (Foto : Wuryanto/RM)
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (kedua kiri) saat konferensi Pers. (Foto : Wuryanto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia siap mengawali laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan menjamu Malaysia, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Kamis (5/9) malam.

Pertandingan Grup G Zona Asia ini menurut pelatih Indonesia, Simon McMenemy, sangat penting untuk kedua kesebelasan. Bahkan, ia berani menyebut laga ini lebih dari sekadar laga biasa. "Laga besok bisa menjadi laga yang sesungguhnya. Karena besok bukan sekadar poin, tapi lebih dari itu. Lebih dari sekadar pertandingan pembuka untuk kualifikasi, penuh historis dan juga persaingan kedua tim," ucap McMenemy saat konferensi pers, Rabu (4/9) siang.

"Kedua tim bertarung satu sama lain tak hanya untuk poin, tapi untuk negara mereka, kebanggaan untuk negara ini," sambung mantan pelatih timnas Filipina tersebut.

Baca juga : Armenia Vs Italia, Lanjutkan Sapu Bersih

McMenemy mengaku sudah tidak sabar untuk menghadapi pertandingan itu."Besok sudah tidak sabar dan berharap mendapat dukungan langsung dari suporter. Saya harap stadion bisa penuh, dan para supoter bisa langsung ke stadion," sebutnya.

Persaingan antara Indonesia dan Malaysia memang selalu menjadi perhatian yang menarik. Menurut McMenemy, hal tersebut membuat pelatih harus benar-benar mempersiapkan tim dalam segala hal.

"Pelatih punya pekerjaan ekstra, bukan hanya soal teknik, dan taktik, yakni melatih bagaimana mental pemain menghadapi laga ini. Laga ini akan sangat menarik, dengan segala latarbelakangnya," tutup McMenemy.

Baca juga : Indonesia Vs Malaysia : Waspada Pemain Naturalisasi

Kiper timnas Indonesia, Andritany menyebut Indonesia sudah siap meladeni Malaysia."Pemain kita sudah siap. Besok kita harus bisa meraih hasil yang baik. Karena ini menyangangkut rangking FIFA. Saya juga berharap suporter bisa datang memenuhi stadion sebagai pemain ke-12 bagi kita," harapnya.

Sementara itu punggawaTimnas Malaysia, Farizal Marlias, mengaku timnya itu tidak akan merasa tertekan saat menghadapi Indonesia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan sendiri diprediksi akan dipadati oleh suporter tim tuan rumah.

Dan pada laga tersebut, tentu saja Stadion Utama Gelora Bung Karno diprediksi akan dipadati oleh suporter tuan rumah. Para suporter yang hadir ke stadion pun siap memberikan tekanan yang luar biasa untuk tim yang dijuluki Harimau Malaya ini.

Baca juga : Indonesia Vs Malaysia, PSSI Undang Jokowi

Namun, menurut penggawa Timnas Malaysia, Farizal Marlias, para pemain tidak akan merasa tertekan saat bertanding. "Tekanan-tekanan dari suporter lawan memang sudah menjadi makanan sehari-hari para pesepakbola. Para pemain sih saya rasa sudah terbiasa dengan tekanan-tekanan seperti ini," ucap Farizal saat menghadiri sesi konferensi pers jelang pertandingan pada Rabu (4/9) siang tadi.

"Kuncinya sih nanti percaya diri saja agar bisa mengembangkan permainan tim. Di Liga Malaysia juga sama, para pemain mendapatkan tekanan-tekanan seperti ini. Jadi tekanan seperti ini memang selalu ada. Semua tekanan dari suporter lawan tidak ada bedanya dengan yang ada di Liga Malaysia," Farizal mengakhiri. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.