Dark/Light Mode

10 Birdie Bawa Sarasmut Ke Puncak Klasemen Kejuaraan Golf Junior

Selasa, 30 Mei 2023 22:21 WIB
Pegolf Thailand Parin Sarasmut (Foto: Istimewa)
Pegolf Thailand Parin Sarasmut (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Parin Sarasmut menampilkan permainan mengagumkan untuk memimpin klasemen sementara Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship, di Damai Indah Golf PIK Course, Selasa (30/5). Pegolf asal Thailand yang bertanding di Kategori Boys B ini bermain nyaris sempurna dengan catatan 10 birdie dan tanpa satu bogey pun untuk skor 10-under 62.

Bermain dari hole 10, Sarasmut langsung mencatatkan birdie di hole pertamanya, sebelum kemudian menuai tiga birdie berturut-turut dari hole 15. Permainannya di sembilan hole berikutnya menunjukkan kualitas teknik dan pukulan yang mengagumkan. Enam birdie, termasuk di dua hole terakhir 
membantunya mencatatkan skor terendah sejak kejuaraan ini resmi menyandang status Junior World Championship pada 2007.

“Ini skor terbaik yang pernah saya raih seumur hidup saya! Putting saya hari ini sangat bagus. Saya mendapat 10 birdie dan 8 par. Rasanya saya bisa mendapatkan birdie di setiap hole,” tutur Sarasmut, yang baru berusia 14 tahun ini.

“Besok hari yang baru, menurut saya tidak ada tekanan. Saya hanya akan mengingat bagaimana latihan saya dan melakukan pukulan demi pukulan,” sambungnya.

Baca juga : Gempa Darat M4,4 Guncang Buleleng Bali, Kedalaman 10 Km

Rekan senegaranya, Kittada Kosalutta, juga mengawali putaran pertama dengan catatan mengesankan, 5-under 67. Ia sempat menikmati posisi teratas sampai Sarasmut menggeser posisinya.

“Senang bisa bermain dengan skor 5-under 67. Driver saya sedang bagus dan saya bisa memukul jauh sehingga lebih mudah untuk mendapatkan birdie bahkan eagle,” tutur Kosalutta, yang menuai eagle di hole 13 par 5,” ucapnya. 

Namun, sorotan paling istimewa ialah keberhasilannya memasukkan bola dalam 
satu pukulan atau hole-in-one di hole 12 par 3. "Jadi, saya menghadapi jarak sekitar 190 yard melawan angin dan menggunakan 8-iron untuk memukul bola. Bolanya melambung lurus ke pin dan memantul sekali sebelum akhirnya masuk ke lubang. Saya langsung melompat kaget melihatnya. Seumur hidup saya, inilah kali pertama saya mendapatkan hole-in-one!” ujar pegolf yang mengidolakan Thongchai Jaidee ini.

Muhammad Naabil Al Manaaf tampil sebagai wakil Indonesia dengan skor terbaik pada akhir putaran pertama tadi. “Dari sisi permainan sih tidak ada salah satu aspek yang menonjol, tidak ada yang terlalu  bagus, cuma saya benar-benar menunggu kesempatan (untuk mendapatkan birdie),” tutur Naabil.

Baca juga : Puncaki Klasemen, Skuad Timnas U-22 Pede Gondol Emas

Pegolf berusia 18 tahun ini mengemas empat birdie dengan satu bogey untuk mencatatkan skor 69 pada putaran pertama. Catatan ini menempatkannya di posisi ketiga, tujuh stroke di belakang Sarasmut.

“Saya sangat bersemangat karena ini kejuaraan besar, jadi permainan hari ini sudah melebihi ekspektasi. Saya akan mencoba bermain lebih tenang lagi dan berusaha untuk menampilkan permainan yang sama karena lapangannya juga sama dan berusaha main seterbaik mungkin,” ujarnya.

Dari kelompok putri, salah satu pemain andalan Indonesia Elaine Widjaja juga berhasil tampil solid. Bermain pada siang hari dengan tantangan angin yang berembus kencang, pegolf yang juga merupakan salah satu atlet binaan Ciputra Golfpreneur Foundation ini masih sanggup bermain under dan menorehkan 
skor 2-uder 70.

Permainannya ini sekaligus mengungguli pegolf asal Thailand Suvichaya Vinijchaitham, yang merupakan pegolf Nomor 315 Dunia, peringkat tertinggi pada pekan ini. Suvichaya harus berbagi tempat kedua dengan atlet Ciputra Golfpreneur Foundation lainnya, Sania Talita Wahyudi, serta pegolf Singapura Valencia Chang.

Baca juga : Gempa Darat M2,8 Guncang Mamasa Sulbar, Kedalaman 1 Km

Elaine sempat menorehkan skor 2-under berkat tiga birdie dan satu bogey di sembilan hole pertamanya, namun mulai mengalami tantangan angin yang kencang di sembilan hole terakhirnya. Meski kemudian menuai dua birdie dan dua bogey, catatan skor 70 yang ia raih sudah cukup membawanya ke puncak klasemen sementara.

“Saya mengawali permainan dengan baik, bisa dapat dua birdie berturut-turut sehingga rasa percaya diri saya juga bangkit. Permainan di sembilan hole pertama sebenarnya cukup bagus, tapi di sembilan hole terakhir saya mulai kesulitan saat memukul dengan driver dan melakukan pukulan recovery,” jelas pegolf berusia 16 tahun ini.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.