Dark/Light Mode

Marciano Norman Buka Kompetisi Usia Muda Piala Bergilir Ketum KONI Pusat IV

Sabtu, 3 Juni 2023 12:48 WIB
Pembukaan kompetisi sepak bola usia dini Piala Bergilir Ketum KONI Pusat IV 2023, di Stadion Atang Soetrisna, Jakarta Timur, Sabtu (3/6). (Foto: Istimewa)
Pembukaan kompetisi sepak bola usia dini Piala Bergilir Ketum KONI Pusat IV 2023, di Stadion Atang Soetrisna, Jakarta Timur, Sabtu (3/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman resmi membuka kompetisi sepak bola yang memperebutkan Piala Bergilir Ketum KONI Pusat IV 2023, di Stadion Atang Soetrisna, Jakarta Timur, Sabtu (3/6). Pembukaan ditandai dengan tendangan bola secara simbolis.

Kejuaraan tahunan itu mempertandingkan tiga kategori usia, yakni usia 10 tahun (12 tim), usia 12 tahun (18 tim) , dan 15 tahun (16 tim). Yang pertama dihelat adalah rangkaian pertandingan 15 tahun, setelah itu untuk usia 10 tahun dan 12 tahun dengan format setengah lapangan sepak bola.

Marciano menyampaikan keyakinan akan masa depan para peserta kompetisi. “Kepada anak-anak sekalian, saya rasa saudara-saudara yang berdiri di depan saya yang usia 15 tahun ini, 10 tahun, ke depan banyak di antara saudara-saudara yang menjadi bagian dari Tim Nasional Indonesia. Keberhasilan Tim Nasional Indonesia itu dimulai dari pembinaan anak-anak kita pada usia dini,” jelasnya, pada saat memberikan sambutan.

Baca juga : Stakeholder Sepak Bola Dukung Format Baru Kompetisi Liga Musim 2023/2024

Pertandingan pada kompetisi juga dihadiri tim pemantau bakat agar talenta terbaik Indonesia akan terjaring dan tersaring untuk Timnas. “Kita harapkan anak-anak ini bisa terpantau bakatnya. Ada tim pemantau bakat yang bisa melihat potensi mereka karena saya yakin mereka ini andalan kita,” terang Marciano.

Dia mengapresiasi adanya kompetisi untuk atlet usia dini dan berharap akan terlaksana dengan baik di seluruh provinsi guna menjaring dan menyaring talenta bangsa.

"Saya harapkan di daerah, kejuaraan sepak bola usia dini juga akan berlangsung di 38 provinsi dan juga ke depan, di tingkat nasionalnya juga semakin tersaring juara-juara provinsi itu untuk ikut Tim Nasional. Dari situlah tim pemantau bakat dari PSSI bisa turun untuk betul-betul menjaring pemain-pemain yang punya potensi besar,” terangnya.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Berbagi Sahur Di Bandung

Dia melanjutkan, kejuaraan-kejuaraan usia dini seperti ini mendapatkan dukungan besar KONI Pusat. "Oleh karenanya, sekali lagi saya minta para pembina olahraga sepak bola di tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi terus berupaya menggelar kompetisi-kompetisi untuk anak-anak,” sambungnya.

Ketua Penyelenggara Taufik Panji Alam menyampaikan apresiasi berbagai pihak yang mendukung kompetisi sepak bola ini. Salah satunya, perwakilan tuan rumah yakni Inspektur Kopassus Brigadir Jenderal TNI Husein Sagaf yang hadir secara langsung dan Wakil Ketua 1 KONI Pusat Mayjend TNI (Purn) Suwarno, Wakil II Mayjen TNI (Purn) Soedarmo bersama Gugun Yudinar BinPres KONI dan beberapa Staf dan Official Timnas Indonesia Shin Yae Yong, Kimb Jongjin, Seo Jongseok yang langsung hadir pada sesi pembukaan.

“Ini merupakan kejuaraan nasional yang tiap tahun pasti digelar. Banyak pemain yang keluar menjadi atlet Tim Nasional dari kejuaraan ini,” ujarnya, merujuk beberapa jebolan tahun 2018 seperti Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, dan Supriyadi.

Baca juga : Bamsoet Bersama Marciano Norman Buka Rakernas KONI 2023

Dia lalu mengemukakan rasa terima kasih dukungan kepada Bank BJB, Kalbe Farma, dan ASDP yang membatu mendukung kegiatan ini.

Sebagai catatan, pada Piala Bergilir Ketum KONI Pusat III 2022, juara usia 10 tahun adalah SSB Imam Bonjol asal Sumatera Barat, juara usia 12 tahun adalah CS Private asal Depok, Jawa Barat, dan juara usia 14 tahun adalah Al Hilal Jakarta.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.