Dark/Light Mode

Jadi Raja Kuliner, Pendapatan Asamoah Rp 333 Miliar Per Tahun

Minggu, 11 Juni 2023 05:36 WIB
Asamoah Gyan. (Foto : ist)
Asamoah Gyan. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberuntungan Asamoah Gyan ternyata bukan dari sepakbola. Pria asal Afrika yang dulu disebut-sebut bertalenta itu gagal di Liga Inggris, tapi kini malah jadi sultan di bidang kuliner.

Dikutip dari Daily Star, kemarin, pendapatan bersih Asamoah Gyan saat menjadi pesepakbola awalnya hanya sebesar 18 juta Pounds atau setara Rp 333 miliar per tahun. Dan masuk dalam daftar salah satu eks pesepakbola terkaya di tanah Afrika.

Pendapatan sebesar itu didapat pria asal Ghana 37 tahun tersebut saat memperkuat Sunderland pada tahun 2010, dan diprediksi meningkat karena disebut-sebut sebagai pesepakbola bertalenta.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kukuhkan Pelatda Babak Kualifikasi PON XXI Tahun 2024

Tapi, Gyan justru gagal bersinar dan akhirnya gantung sepatu pada tahun 2021. Sebelum memutuskan pensiun, Gyan tercatat hanya bermain 34 kali di Liga Inggris. Catatan golnya hanya 10, lalu dijual ke klub sepakbola di Abu Dhabi, Al-Ain FC.

Padahal baru setahun mencicipi atmosfer Premier League. Gagal bersinar di dunia sepakbola, Karir Gyan lebih menjanjikan ketika dia terjun di bidang usaha, dengan modal yang didapat dari gajinya selama lima tahun memperkuat Al-Ain FC. Yaitu sebesar sebesar 80 ribu Pounds (setara Rp 1,7 miliar) per pekan.

Modal yang didapatnya semakin besar setelah ia pindah ke China, gabung ke klub Shanghai Port selama dua tahun. Disana, gajinya cukup besar, ditambah bonus 3 juta Pounds (setara Rp 57 miliar) per gol.

Baca juga : Dewi Shri Farmindo Target Pertumbuhan Pendapatan 20 Persen Tahun Ini

Tapi sayang, total gol Gyan di China hanya delapan, dan ia hanya bertahan selama dua tahun saja di sana.

Laporan itu juga melaporkan, Asamoah Gyan menggunakan modal itu untuk berinvestasi pada promotor olahraga bernama Baby Jet Promotions, bisnis hiburan JetLink Events & Logistics untuk keperluan konser.

Dia juga jadi juragan 30 bis dan beberapa pom bensin di Accra, Ibu Kota Ghana. Gyan turut merambah ke bidang kuliner dengan memiliki perusahaan Mama Vits Noodles dan Rice and Paradise Pac Drinking Water.

Baca juga : Duit Bukan Segalanya, Messi Tolak Gaji Rp 21,8 Miliar Per Hari

Pendapatannya dari beberapa bidang usaha dan bisnis ini cukup menggiurkan, dan Gyan kini sudah berfoya-foya menikmati hari tuanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.