Dark/Light Mode

Bamsoet Kenang Jasa Syamsir Alam-Askar Kartiwa Di Dunia Offroad

Minggu, 18 Juni 2023 22:38 WIB
Acara Tribute to Almarhum Syamsir Alam dan Askar Kartiwa, yang diselenggarakan para pendiri IOF, di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Minggu (18/6). (Foto: Dok. IMI)
Acara Tribute to Almarhum Syamsir Alam dan Askar Kartiwa, yang diselenggarakan para pendiri IOF, di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Minggu (18/6). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengenang Syamsir Alam dan Askar Kartiwa, dua orang pendiri Indonesia Offroad Federation (IOF), sebagai tokoh otomotif yang sangat berjasa dalam perkembangan dunia offroad Indonesia. Almarhum Syamsir Alam terkenal dengan julukan 'Crazy Syam' yang memprakarsai event Indonesia Offroad Expedition (IOX), sebuah event offroad super extreme, dengan jalur yang luar biasa parah dan menjadi event adventure offroad paling bergengsi di Indonesia. Sedangkan Almarhum Askar Kartiwa dengan julukan 'Akay', merupakan salah satu pilar offroad di era 90-an yang juga pernah menjadi Ketua Umum IOF.

"Mengenang ketokohan mereka, memberikan daya semangat baru bagi kita agar senantiasa meneruskan perjuangan mereka, sehingga dunia offroad Indonesia semakin maju dan berkembang. IOF merupakan bagian kekuatan dari IMI,” ucap Bamsoet, dalam acara Tribute to Almarhum Syamsir Alam dan Askar Kartiwa, yang diselenggarakan para pendiri IOF, di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Minggu (18/6).

Baca juga : Besok Tes Rekrutmen BUMN, Jangan Sampai Gagal Karena Hal Teknis

Ketua MPR ini menerangkan, banyak tokoh IOF juga menjadi pengurus IMI. Misalnya, Ketua Umum IOF Irjen Pol (Purn) Sam Budigusdian juga merupakan Dewan Pembina IMI Pusat, Ketua Dewan Pembina IOF Letjen TNI (Purn) AM Putranto juga merupakan Ketua Dewan Pembina IMI Pusat. “Serta masih banyak lagi tokoh IOF dan offroad lainnya yang masuk dalam kekuatan keluarga besar IMI," ucap Bamsoet.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, selain mengenang jasa serta ketokohan Syamsir Alam dan Askar Kartiwa, dalam event tribute to almarhum Syamsir Alam dan Askar Kartiwa juga diselenggarakan berbagai kegiatan menarik. Antara lain, Old Man Ketemu, yang menjadi ajang silaturahmi para pencetus offroad Indonesia, yang sudah lima dekade menggeluti dunia offroad. Old Man Ketemu terakhir kali diadakan pada 2019 di Sari Ater, Bandung.

Baca juga : Bamsoet Dorong Penerapan Smart City Di Indonesia

"Ada juga kegiatan Offroad Bareng Founder IOF, serta Trail Ride 4WD menjelajahi Bukit Hambalang, Bogor. Trail Ride 2023 menawarkan 5 jalur offroad dengan tingkat kesulitan berbeda. Peserta bebas memilih jalur sesuai kemampuan mengemudi dan kondisi dan kelengkapan mobilnya. Sehingga bisa mewadahi keinginan semua offroader baik pemula maupun expert," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, walaupun dikemas dengan suasana yang santai dan penuh kekeluargaan, event Offroad Bareng Founder IOF serta Trail Ride 4WD ini juga mampu meningkatkan keterampilan para offroader dalam menaklukan berbagai lintasan yang berat, sehingga bisa melahirkan sekaligus mengasah kemahiran offroader agar semakin handal. Tidak lupa juga mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di Bogor. 

Baca juga : Bamsoet Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Kongres Dunia WFSDA

"Melalui offroad, para pecinta otomotif telah berkontribusi memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat sekitar. Sekaligus meningkatkan sport tourism wilayah setempat. Tidak hanya di Bogor, potensi offroad di berbagai wilayah Indonesia lainnya juga sangat besar. Antara lain di Bali, Tanjung Lesung, Danau Toba, Bromo, dan lainnya," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.