Dark/Light Mode

32 Wasit Siap Pimpin Babak Kualifikasi PON Gateball Aceh-Sumut

Senin, 19 Juni 2023 21:26 WIB
Penyegaran wasit gateball di Gedung Dinas PUPR DKI, Pasar Minggu,Jakarta. (Foto: Istimewa)
Penyegaran wasit gateball di Gedung Dinas PUPR DKI, Pasar Minggu,Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 32 wasit yang mengikuti penyegaran wasit gateball dinilai memenuhi syarat untuk memimpin pertandingan babak kualifikasi PON Gateball Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Penyegaran wasit yang diselenggarakan di Gedung Dinas PUPR DKI, Pasar Minggu, Jakarta, berlangsung selama dua hari (18-19 Juni 2023)

“Selama dua hari, para wasit ini mengikuti penyegaran dan kami melihat mereka cukup layak untuk memimpin pertandingan babak kualifikasi PON yang akan dilaksanakan di Lapangan BSD, Tangerang, 21 Juni hingga 25 Juni,” jelas Kabid Binpres PB Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Marullah, di Jakarta, Senin (19/6).

Baca juga : DKI Optimistis Loloskan 8 Nomor Di Kualifikasi PON Cabor Gateball

Dari 32 wasit yang mewakili 9 provinsi itu, jelas Marullah, separuhnya akan bertugas sebagai wasit utama. “Sisanya akan bertugas sebagai asisten wasit,” jelasnya.

Marullah menjelaskan, untuk menegakkan pertandingan berlangsung secara fair play, wasit yang bertugas di lapangan bukan berasal dari daerah wasit itu yang sedang bertanding. “Kami juga secara bergantian merotasi wasit di 10 lapangan pertandingan,” jelasnya. Marullah menjamin, wasit yang bertugas adalah pemegang sertifikat nasional.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kukuhkan Pelatda Babak Kualifikasi PON XXI Tahun 2024

Salah satu wasit wanita Esther Purba mengatakan, penyegaran wasit ini sangat berharga baginya. “Yang utama, kami senang bisa jalan-jalan sekaligus bertemu kawan lama. Selain itu, bisa mengingatkan kembali peraturan pertandingan,” jelas wasit asal Jawa Barat ini.

Ester mengaku, sebetulnya bukan berasal dari pemain gateball. Ia waktu itu hanya mengantarkan anaknya, Hilary Monica, berlatih gateball. Karena waktu itu ada kesempatan untuk menjadi wasit nasional, dia mendaftar dan dinyatakan lulus dengan sertifikat nasional.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.